Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat sekaligus Ketua Forikan Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan menghadiri Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfir LAPAN Kabupaten Garut, Selasa (3/5/16).

Netty mengatakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan ini merupakan sebuah komitmen bersama antara Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Koordinasi Penyuluh, BKPP IV, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat untuk terus menginisiasi meningkatkan kualitas hidup masyarakat Jawa Barat.

“Sebisa mungkin anak-anak terus bersekolah sampai tingkat SMU, maka sebagai orangtua harus terus perhatikan asupan gizi untuk terus sehat dan cerdas seperti konsumsi ikan. Karena ikan merupakan salah satu kekayaan Jawa Barat yang menjadikan anak-anak sehat unggul, berkualitas dan mampu bersaing,” lanjutnya.

Gemar makan ikan

Hal tersebut harus disertai dengan perempuan khususnya Ibu di Jawa Barat yang sehat untuk memantau tumbuh kembang anak hingga dewasa. “Salah satunya melalui IVA Test, dapat diketahui sejak dini kanker serviks bagi perempuan, minimal dapat dilakukan 5 tahun sekali secara rutin. Sehingga dapat membangun bangsa yang sehat dan kuat serta dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” papar Netty.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat Jafar Ismail menuturkan tema dari kegiatan ini

“Dengan Gerakan Makan Ikan Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Perempuan Untuk Mewujudkan Masyarakat Jawa Barat Produktif dan Mandiri”.

Tujuan kegiatan ini, ungkapnya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk konsumsi makan ikan agar anak-anak sehat dan cerdas sebagai penerus bangsa. “Diikuti oleh para nelayan di Pantai Santolo, anak sekolah sebanyak 200 peserta. Selain itu, dirangkaikan dengan melakukan deteksi dini kanker serviks dengan IVA Test para ibu-ibu nelayan di daerah pesisir pantai dan penduduk sekitar,” tambahnya.

Three Ends Strategi Tiga Akhiri

Three Ends Strategi

Juga pada kesempatan baik tersebut Ketua BP3AKB Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mensosialisasikan Three Ends Strategi atau Strategi Tiga Akhiri serta HeForShe.

Kampanye Three Ends ini merupakan program unggulan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA). Three Ends Strategi yang dimaksud adalah End Violence Against Women and Children (Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak); End Human Trafficking (Akhiri Perdagangan Manusia), dan End Barriers To Economic Justice (Akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan).

Sementara HeForShe merupakan kampanye global yakni bentuk pelibatan kaum laki-laki dalam mendukung tercapainya kesetaraan gender. Kampanye HeforShe di Indonesia merupakan bentuk komitmen pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender. Dengan adanya kampanye ini, maka diharapkan ada perubahan paradigma atau pola pikir laki-laki sehingga dapat memberikan akses, kesempatan, dan ruang kepada perempuan untuk bersama-sama menjadi subjek dalam pembangunan.

Gemar makan ikan

Gemar makan ikan

Album selengkapnya silakan lihat di sini.

Sumber: http://www.bandungnewsphoto.com/

Artikel Terkait

TOT Sekolah Ramah Anak 2018 Kegiatan TOT Sekolah Ramah Anak yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 4 dan 5 Juli 2018 yang bertempat di Hotel Sangga BuanaPeserta terdiri dari 5 kabupaten kota yg terdiri dari Kabupaten Sukabumi... Kota Sukabum...
Opening Ceremony Peparnas Hadirkan Pertunjukan Berbeda Dengan PON Opening Ceremony (Upacara Pembukaan) Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 akan digelar pada 15 Oktober 2016 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar selaku Wakil Ketua Umum PB PON XIX...
Karya Seni #MakanMayit Dinilai Melanggar Norma Kesusilaan Kemen PPPA menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarluaskan kembali karya seni tersebut di media sosial. Maraknya perbincangan di media sosial terkait karya seni dari senima muda Indonesia yang mengusung tajuk #mak...
Penguatan Pendamping Korban P2TP2A se-Jabar 2017 Ketua P2TP2A Jabar Netty Prasetiyani Heryawan menjadi keynote speaker pada kegiatan Penguatan Pendamping Korban P2TP2A se-Jabar dengan tema ''Pendamping Berkinerja, Pelayanan Prima'' di Takashimaya Hotel Lembang Kabupaten Ban...
Ini yang Sebenarnya Akan Anda Alami jika Main “Blue Whale Challenge” https://vk-smi.ru/ Ilustrasi Blue Whale Challenge Blue Whale Challenge dikaitkan dengan bunuh diri pada 130 remaja. Apa yang akan Anda alami jika memainkannya? Apakah Anda pasti akan bunuh diri? Koresponden Radio Free E...

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.