SIGA bisa diakses di alamat http://siga.bp3akb.jabarprov.go.id

Latar Belakang

Penetapan kebijakan atau proses perencanan tidak akan terwujud dengan baik tanpa didukung oleh ketersedian data dan informasi yang akurat dan lengkap.

Data terpilah Gender dan Anak di Jawa Barat berfungsi untuk memotret tingkat keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA).

Saat ini, data informasi yang ada belum berupa database yang terintergrasi, sehingga akan cukup sulit jika suatu saat akan diolah, diubah, ditambah, dihapus, atau bahkan dicari pada saat-saat tertentu.

Untuk itu agar pengelolaan data bisa lebih optimal lagi, perlu didukung dengan satu aplikasi yang dapat menyimpan, menambah, mengubah, menghapus, maupun mengaksesnya yang tidak yang tidak memerlukan waktu atau tempat, tidak terkait waktu dan tempat.

Menyadarii pentingnya hal tersebut maka perlu adanya pengembangan Aplikasi SIGA Kabupaten/Kota untuk mendukung kabupaten/kota dalam pengelolaan data masing-masing.

Aplikasi sistem informasi Gender dan Anak SIGA

Maksud dan Tujuan

Maksud dari adanya Web SIGA ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di kabupaten/kota memalui penyediaan fasilitas pengelah data dalam bentuk apliksi kompilasi data SIGA.

Tujuan

  • Untuk menyediakan data dan informasi yang dapat diakses oleh para stakeholders untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Jawa Barat
  • Meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam pengunaan data gender dan anak dalam perencanaan,pemantauan, evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pemberdayaan daerah.
  • Meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di daerah secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan serta meningkatkan ketersediaan data gender dan anak.

Sasaran

Tersusunnya data base SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh pihak yang berkepentingan.

Keluaran/Output

  • Adanya stuktur database kondisi terkini SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang dapat pula digunakan sebagai sarana pemetaan kondisi SIGA di Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
  • Terinstalnya database dan aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa barat pada server yang disediakan.
  • Dapat diaksesnya aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah terinstall di sever malalui Web.
  • Adanya dokumentasi, baik dokumentasi teknis sistem maupun dokumentsai petunjuk penggunaan

Manfaat

Tersusunnya basis data SIGA Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat untuk dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan kepentingan.

Artikel Terkait

Mendampingi Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat Sekretaris Dinas P3AKB Dra. Hj. Emma Siti Fatima, M.Si mewakili Kepala Dinas P3AKB Provinsi Jawa Barat bersama beberapa Perangkat Daerah Provinsi Jawa Barat lainnya (Dispora, Yanbangsos, Disdik dan Disnakertrans) mendampingi ...
Lomba Kreatifitas Perempuan Bulan puasa tidak menghalangi orang untuk berkreasi juga beraktifitas malah bertambah dengan adanya ritual-ritual ibadah. Demikian juga dengan DP3AKB Prov. Jabar yang pada tanggal 7 Juni ini menyelenggarakan kegiatan lomba kr...
Kegiatan Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga Lokasi: Gedung Sigrong BKPP Wilayah II Purwakarta, Jalan Siliwangi Nomor 1 Purwakarta Peserta: 100 orang (dari PNS Non Provinsi 50 orang dan Non PNS 50 orang) Pihak yang diundang untuk Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan P...
Penguatan Jejaring Gugus Tugas 2015 Juli 2015. Semangat di era otonomi daerah yang menempatkan system pemerintahan yang bersifat kemitraan, memerlukan penguatan komitmen, bentuk kerjasama, kemitraan dan partisipasi masyarakat. Terbentuknya Gugus Tugas Pencegaha...
MONEV SEKOPER CINTA DI KABUPATEN BANDUNG BARAT Kegiatan Monev Sekoper cinta berlokasi di Kabupaten Bandung Barat dihadiri oleh Ibu Ketua Umum Sekoper Cinta Atalia Praratya Kamil, Wakil Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan dan kepala Dinas DP3AKB Provinsi Jawa B...

Leave a Reply

Your email address will not be published.