SIGA bisa diakses di alamat http://siga.bp3akb.jabarprov.go.id

Latar Belakang

Penetapan kebijakan atau proses perencanan tidak akan terwujud dengan baik tanpa didukung oleh ketersedian data dan informasi yang akurat dan lengkap.

Data terpilah Gender dan Anak di Jawa Barat berfungsi untuk memotret tingkat keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA).

Saat ini, data informasi yang ada belum berupa database yang terintergrasi, sehingga akan cukup sulit jika suatu saat akan diolah, diubah, ditambah, dihapus, atau bahkan dicari pada saat-saat tertentu.

Untuk itu agar pengelolaan data bisa lebih optimal lagi, perlu didukung dengan satu aplikasi yang dapat menyimpan, menambah, mengubah, menghapus, maupun mengaksesnya yang tidak yang tidak memerlukan waktu atau tempat, tidak terkait waktu dan tempat.

Menyadarii pentingnya hal tersebut maka perlu adanya pengembangan Aplikasi SIGA Kabupaten/Kota untuk mendukung kabupaten/kota dalam pengelolaan data masing-masing.

Aplikasi sistem informasi Gender dan Anak SIGA

Maksud dan Tujuan

Maksud dari adanya Web SIGA ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di kabupaten/kota memalui penyediaan fasilitas pengelah data dalam bentuk apliksi kompilasi data SIGA.

Tujuan

  • Untuk menyediakan data dan informasi yang dapat diakses oleh para stakeholders untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Jawa Barat
  • Meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam pengunaan data gender dan anak dalam perencanaan,pemantauan, evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pemberdayaan daerah.
  • Meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di daerah secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan serta meningkatkan ketersediaan data gender dan anak.

Sasaran

Tersusunnya data base SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh pihak yang berkepentingan.

Keluaran/Output

  • Adanya stuktur database kondisi terkini SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang dapat pula digunakan sebagai sarana pemetaan kondisi SIGA di Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
  • Terinstalnya database dan aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa barat pada server yang disediakan.
  • Dapat diaksesnya aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah terinstall di sever malalui Web.
  • Adanya dokumentasi, baik dokumentasi teknis sistem maupun dokumentsai petunjuk penggunaan

Manfaat

Tersusunnya basis data SIGA Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat untuk dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan kepentingan.

Artikel Terkait

Pelatihan Pengembangan Sekolah Ramah Anak Pelatihan pengembangan sekolah ramah anak dilaksanakan di Kota Sukabumi tanggal 1 Desember 2016 yang dihadiri oleh Kepala Sekolah SD. SMP. Komite sekolah, Osis, Guru Kesiswaan, Kepala Tata Usaha, Guru dan Guru BK Tujuan diad...
Rakor P2WKSS 2017 Salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan adalah melalui Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Program ini merupakan salah satu upaya untuk...
Rapat Kerja Program NGABASO Dinas P3AKB melalui bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) menyelenggarakan Rapat Kerja Ngabaso (Ngabring Ka Sakola) bertempat di Aula DP3AKB Provinsi Jawa Barat dengan dihadiri 27 Kabupaten/Kota yang terdiri dari unsur Dinas, Relaw...
Sharing Program Sekolah Perempuan Peningkatan keadilan dan kesetaraan gender dalam pembangunan, peningkatan kualitas hidup perempuan merupakan salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Dinas P3AKB Provinsi Jawa Barat dan merupakan penguatan bagi pelaksanaan pr...
Seminar Keluarga Tahun 2019 Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional XXVI dan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat, DP3AKB mengadakan seminar Keluarga. Seminar Keluarga Tahun 2019 ini mengambil tema “Pemenuhan Hak Anak Mewujudkan Anak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.