Desa/Kelurahan sadar hukum di Jabar dinilai terbanyak mengingat jumlahnya saat ini sudah mencapai 2.400 desa.

Hal demikian, diungkapkan  Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate, Jum’at (19/8) usai menerima penghargaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari Kemenhukham RI.

Menurut Gubernur, setiap tahun Pemprov. Jabar bersama instansi penegak hukum antara lain Kejati Jabar dan Polda Jabar menggelar pembinaan hukum di Desa/Kelurahan.

Dari pembinaan tersebut, lanjut Gubernur, Desa/Kelurahan dievaluasi perihal lunas PBB yang kini mencapai 90 %, aksi kriminalitas dan pengguna narkoba dinilai minim, tidak ada pernikahan dibawah umur, putus sekolah rendah serta  pembangunan di Desa/Kelurahan  sudah beroriensi pada perbaikan lingkungan hidup.

Dengan terpenuhinya kriteria tersebut, maka Desa/Kelurahan sudah memenuhi kriteria Desa/Kelurahan sadar hukum, ujar Gubernur.

Adapun Desa/Kelurahan yang sudah menjadi Desa/Kelurahan sadar hukum mencapai 2.247  Desa/Kelurahan, imbuhnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun Badan Pembinaan Hukum Nasional Tahun 2016, jumlah desa/kelurahan sadar hukum yang tersebar di 31 Provinsi mencapai 2.929 Desa/Kelurahan.

Dengan melihat jumlah tersebut, ujar Gubernur, Desa sadar hukum di Jabar  menempati rangking teratas. (NR)
Sumber: Jabarprov.go.id

Artikel Terkait

Penyerahan Bingkisan dari BAZNAS Provinsi Senin, 12/06/2017. Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga (PKK) Dinas P3AKB Setya Mulayana secara simbolis menyerahkan bingkisan dari BAZNAS Provinsi Jawa Barat.
Tips Mengontrol Aktivitas Internet Anak Dengan hadirnya internet, kita kebanjiran informasi. Kita bisa mendapatkan informasi apapun dalam perpustakaan raksasa ini. Namun tanpa pintar memilah dan pengetahuan terhadap suatu informasi, kita bisa tersesat dan mendapatk...
Mien Uno: Perempuan Indonesia is Backbone of The Nation "Perempuan harus berdaya jangan ada self empowerment atau hambatan sosial dan budaya sehingga akan jadi roll mode dunia (teladan, sabar, percaya diri, daya juang, pengorbanan)". Demikian disampaikan oleh Ibu Mien Uno, salah s...
Ini Tumbuh-Kembang Anak Usia 4 Tahun yang Harus Orangtua Ketahui Saat memasuki usia 4 tahun, si kecil umumnya penuh dengan energi, lebih banyak berbicara dan selalu rasa ingin tau. Biasanya mental dan emosional orangtua akan teruji di masa ini, sehingga setiap hari akan menjadi suatu tanta...
BNN akan Masukkan Tembakau Gorila ke UU Narkotika Ilustrasi tembakau (Foto: Thinkstock) Badan Narkotika Nasional (BNN) memberi penjelasan mengenai tembakau gorila. BNN menyebut tembakau gorila merupakan campuran antara tembakau atau rokok dan ganja sintetis. "Ini tem...

Leave a Reply

Your email address will not be published.