Pekan Olah raga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat akan segera bergulir dalam hitungan hari. Rencananya, pembukaan akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 17 September 2016.

Seperti layaknya pembukaan sebuah event besar, pembukaan PON akan digelar dengan meriah. Adapun tema khusus yang diangkat adalah Gurilaps.

Gurilaps sendiri adalah singkatan dari Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Sungai. Berbagai kemeriahan akan mengandung unsur-unsur tersebut.

“Artinya kita ingin acara opening ceremony itu menghadirkan berbagai nuansa,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (8/9/2016).

Pria yang akrab disapa Aher itu mengatakan nuansa Gurilaps tidak hanya mengetengahkan budaya Jawa Barat. Ada unsur nasional yang juga akan dimasukkan dalam tema pembukaan PON. “Tidak hanya Jawa Baratnya, tapi yang lain juga dilibatkan secara nasional,” ucapnya.

Dengan tema tersebut, ia ingin PON menghadirkan suasana olah raga yang sportif. Dalam saat bersamaan, unsur budaya dan kedaerahan juga turut tampil. “Nanti juga akan dibalut dengan teknologi modern,” jelas Aher.

Disinggung soal kondisi GBLA, ia menegaskan stadion berkapasitas 38 ribu kursi itu sudah siap. “Insya Allah (GBLA) dalam kondisi siap untuk pembukaan PON,” tandas Aher. (bbk)

Panitia Sediakan 27 Ribu Tiket Gratis

Diantaranya ada 2.300 tiket gratis yang disediakan untuk warga Gedebage, Kota Bandung.

Panitia penyelenggara menyediakan 27 ribu tiket untuk pembukaan PON Jabar ke-XIX. Pembukaan PON Jabar akan diselenggarakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (17/9).

“Kami sediakan 27 ribu undangan. Belakang panggung enggak bisa dipakaikan, 27 ribu itu maksimal ya itu. Itu sudah fix ya,” kata Ketua PB PON Jabar Ahmad Heryawan, usai mengikuti apel kesiapan PON Jabar di Stadion GBLA, Rabu (14/9). Untuk diketahui stadion GBLA memiliki kapasitas 38 ribu tempat duduk.

Menurut Aher yang merupakan Gubernur Jabar, 27 ribu tiket dan tamu undangan akan mengisi sederet tribun VVIP, VIP dan barat. Jumlah itu diantaranya ada 2.300 tiket gratis yang disediakan untuk warga Gedebage, Kota Bandung.

“Masyarakat sini diundang 2.300 sekitar GBLA. Mereka warga sini harus menikmati. Orang Gedebage biar mereka punya kebanggaan. Kita perhatikan benar masyarakat di sini,” ujarnya.

Dia menambahkan, secara keseluruhan PB PON memastikan kesiapan penyelenggaraan hajat olahraga akbar empat tahunan yang berlangsung 17-29 September ini. Hal itu ditandai dengan pengibaran bendera kontingen di mana seluruh atlet siap bertanding.

“Kita sudah selesai mengibarkan bendera kontingen. Pertanda bahwa kontingen sudah siap berlaga menjadi peserta di PON 2016 di Jabar. Seluruh kontingen sudah datang. PON dimulai ditandai pengibaran bendera kontingen dan siap berlaga,” ujarnya. (FF/ASW)

Sumber: merdeka.com, sindonews.com

Artikel Terkait

Netty Kampanye Tolak Kekerasan Lewat Majelis Taklim Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan nikmat Allah SWT tak terhingga untuk disyukuri. Namun masih banyak orang hanya bersyukur ketika diberi kesenangan dibandingkan dalam kesusahan. “Seperti...
Asap Rokok Berbahaya Bagi Ibu Menyusui karena Dapat Menghambat Produksi ASI Rokok tak hanya merugikan orang yang menghisapnya, tetapi juga orang di sekitar yang terkena asap rokok alias menjadi perokok pasif.  Dalam sebuah survei terbaru seperti dikutip dari Boldsky.com, lebih dari 1000 perokok p...
Sosiolog: Kesenjangan Jadi Penyebab Kejahatan Terhadap Anak Sosiolog Universitas Gajah Mada (UGM), Sunyoto Usman menilai kesenjangan menjadi salah satu alasan penyebab seseorang melakukan kejahatan terhadap anak. Menurutnya, saat kesenjangan makin dalam, orang lalu mengambil jalan pin...
Ini Isi Lengkap Perppu Kebiri KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo  telah menandatangani peraturan pemerintah pengganti undang-undang Nomor 1 Tahun 2016 tentang perrubahan kedua Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Perppu ini mempe...
Jengkel dengan Polah Anak, Jangan Sampai Memukul ya..Ayah Bunda TEMPO.CO, Jakarta - Disengaja atau tidak, masih banyak orang tua menerapkan kekerasan fisik dalam mendisiplinkan anak. Pemukulan, seringan apapun, dikategorikan dalam kekerasan. Menurut data UNICEF pada 2014, 80 persen orang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.