Bulan April begitu istimewa terkhusus bagi perempuan. Di bulan inilah Hari Besar Nasional Kartini diperingati di setiap tanggal 21 April. Ketua Tim Penggerak PKK Netty Heryawan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Alma Lucyati serta pimpinan OPD Pemprov Jawa Barat lainnya menghadiri Peringatan Hari Kartini Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2016 di PT. Trisulatex Textile Industries, Cimahi.

Pada peringatan Hari Kartini kali ini mengambil tema

Melalui Hari Kartini Kita Tingkatkan Derajat Kesehatan Perempuan Untuk Mewujudkan Masyarakat Jawa Barat Produktif dan Mandiri.

test IVA di hari kartini jabar 2016

Sejalan dengan tema tersebut dilaksanakan Pemberian Pelayanan Pemeriksaan secara Dini Kanker Leher rahim (Kanker Serviks) melalui Iva Test kepada Wanita Subur di PT. Trisulatex Textile Industries.

“Oleh karena itu hari ini seluruh unsur Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Cimahi menyelenggarakan kegiatan IVA Test atau pemeriksaan kesehatan reproduksi wanita bagi karyawati PT. Trisula Textile Industries,” kata Netty.

Melalui IVA Test ini dapat dideteksi secara dini kanker serviks yang banyak diderita oleh perempuan yang menjadi pembunuh No. 1 di manapun berada.
Keinginan Netty, bahwa momentum Hari Kartini akan menghadirkan kualitas hidup perempuan yang lebih baik dimasa yang akan datang. Maka dapat dimaknai secara substantif bahwa perempuan bukan saja sebagai pelengkap bagi laki-laki tetapi merupakan penentu kehidupan dan subjek pembangunan.

Ketika perempuan sehat dan cerdas, maka akan menjadi pilar kekuatan bangsa untuk mendidik dari keprihatinan jaman sekarang ini. Netty menuturkan seperti petikan kata-kata Kartini yaitu “Kami di sini memohon diusahakan pengajaran dan pendidikan anak perempuan, bukan sekali-kali karena kami menginginkan anak-anak perempuan itu menjadi saingan laki-laki dalam perjuangan hidupnya, tapi karena kami yakin akan pengaruhnya yang besar sekali bagi kaum wanita, agar wanita lebih cakap melakukan kewajibannya, kewajiban yang diserahkan alam sendiri ke dalam tangannya: menjadi ibu, pendidik manusia yang pertama-tama.”

Kita berharap ini menjadi sebuah contoh bagi perusahaan lain dan kelompok-kelompok masyarakat bahwa kesehatan reproduksi menjadi suatu yang penting kita dorong agar perempuan-perempuan Jawa Barat semakin sehat, pungkas Netty.

three ends strategi dan heforshe

Pada kesempatan tersebut Ketua BP3AKB Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika mensosialisasikan Three Ends Strategi atau Strategi Tiga Akhiri serta HeForShe.

Kampanye Three Ends ini merupakan program unggulan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA). Three Ends Strategi yang dimaksud adalah End Violence Against Women and Children (Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak); End Human Trafficking (Akhiri Perdagangan Manusia), dan End Barriers To Economic Justice (Akhiri ketidakadilan akses ekonomi untuk perempuan).

Sementara HeForShe merupakan kampanye global yakni bentuk pelibatan kaum laki-laki dalam mendukung tercapainya kesetaraan gender. Kampanye HeforShe di Indonesia merupakan bentuk komitmen pemerintah yang memposisikan pria agar lebih peduli terhadap kesetaraan gender. Dengan adanya kampanye ini, maka diharapkan ada perubahan paradigma atau pola pikir laki-laki sehingga dapat memberikan akses, kesempatan, dan ruang kepada perempuan untuk bersama-sama menjadi subjek dalam pembangunan.

Selain Kota Cimahi, Pencanangan Program Nasional IVA Test dan peninjauan layanan IVA Test ini dilakukan secara teleconference di tiga kabupaten lainnya. Antara lain Kabupaten Subang di PT. Hansoll Hyun sebanyak 100 orang,

Kabupaten Sukabumi di PT. Citra Unggul Perkasa sebanyak 150 orang dan Kabupaten Cirebon di Balai Rehabilitasi Sosial Karya Wanita Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat Palimanan sebanyak 100 orang.

Turut hadir pula pada peringatan Hari Kartini di Cimahi ini Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Ahmad Hadadi, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sugilar, Kepala Bapusipda Provinsi Jawa Barat Neni Kencanawati, Kepala Biro Bangsos Setda Provinsi Jawa Barat Ruddy Gandakusumah, Kepala OPD Kota Cimahi, TP PKK Provinsi Jawa Barat dan Kota Cimahi, Presiden Direktur PT. Trisula Textile Industries Karsongno Wongso Djaja, jajaran Komisaris dan Direktur PT. Trisula Textile Industries.

Foto Album lengkap Peringatan Hari Kartini 2016 bisa dilihat di sini.

Artikel Terkait

Pembinaan Pendamping Lapang Perempuan Kepala Keluarga Pembinaan pendamping lapang perempuan Kepala Keluarga (PL. PEKA) tgl 12 September 2017 di Jl. Braga Bandung Pembinaan nya menyangkut sistem pelaporan dan rencana pembentukan kelompok industri rumahan Pembinaan Pendampi...
Rakornas PP PA dan Kesbangpol Para Kepala eselon II Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) se-Indonesia pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Badan PP PA dan Kesbangpol di Royal Kuningan Jakarta tanggal 18 s.d 21 Mei 2016
Sosialisasi Rencana Aksi Daerah Jawa Barat Menuju Provinsi Layak Anak (Provila) 2018... Sosialisasi dilaksanakan di Hotel Sany Rosa tanggal 17 Oktober 2017 Kegiatan ini diawali oleh laporan kegiatan oleh Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak (PHA) Ibu Hj. Dra. Dian Mardianawati dan sambutan sekaligus pembukaan ole...
Pameran Baby & Kids Expo 2016 Pameran Pendidikan, Kesehatan dan Perlengkapan Bayi dan Anak 2016 Acara pameran ini dibuka oleh Ibu Wakil Gubernur Jawa Barat R. Giselawati Wiranegara dan sambutan dari Kepala Badan BP3AKB Dewi Sartika. Dalam rangka mempe...
bp3akb.jabarprov.go.id Raih Juara I Website Terbaik Kominfo Awards Tahun 2016 Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Diskominfo Prov. Jabar terhadap para pihak stakeholder yang telah menunjukkan prestasinya, diselenggarakan gelaran Kominfo Awards yang berlangsung di Krakatau Co...

One Comment

  • bagus nih ada acara yg bermanfaat saat hari-hari nasional, harus selalu begtu, dri pada membuat acara2 yg tdk mendidik di hari2 nasional mendingan seperti ini, bagus mbak… semangat terus…

Leave a Reply

Your email address will not be published.