Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan khawatir anak-anak Jawa Barat mengalami fenomena BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) yang berujung pada permasalahan sosial seperti kekerasan seksual dan narkoba pada usia produktif.

Oleh karena itu, ungkap Netty, salah satu solusi yang dapat dihadirkan bagi generasi muda melalui Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat ini bertujuan untuk membangkitkan membaca di kalangan pelajar di sekolah.

“Literasi merupakan sebuah kemampuan yang ditandai dengan kebiasaan membaca,” kata Netty dihadapan pelajar pada Kunjungan Kerja ke SMAN 3 Cimahi, Kamis (2/1/17).

Dituturkan Netty, ketika seseorang suka membaca maka akan mampu mengolah informasi dari bacaannya. Selanjutnya dari ilmu yang diperoleh akan menghadirkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena buku yang kita baca hari ini akan menentukan seperti apa kita dimasa akan datang.

Netty berharap institusi pendidikan harus mulai mendesain jenis pembelajaran apa yang membuat anak-anak paradigma baru. Jadi mereka harus kreatif dan mempunyai soft skill untuk membuat produk jadi selain menghidupi dirinya juga menghidupi orang lain.

“Kedepannya anak-anak kita dapat menjadi good creator (pencipta lapangan kerja) bukan job seeker (pencari kerja),” tegasnya.

Maka pada kesempatan ini, Netty mengatakan pada para pelajar bahwa kalian adalah master piece yang diciptakan Tuhan. Maka kita harus mengidentifikasi keunikan dan keistimewaan yang kita miliki.

Kesuksesan harus datang dari kecerdasan dengan melihat peluang dari potensi diri dan cari lingkungan yang kondusif yang menunjang masa depan.

Sumber: jabarprov.go.id

Artikel Terkait

Coba-coba Pakai Tembakau Gorilla, Risikonya Gangguan Jiwa Penggunaan tembakau super cap gorilla tetap tak aman meski hanya untuk coba-coba. Sebabnya, tembakau ini bisa memicu timbulnya gangguan jiwa. dr Andri, SpKJ, FAPM, psikiater dari Klinik Psikosomatik RS Omni Alam Sutera men...
Anak Pembangkang Tumbuh Sukses dan Berpenghasilan Besar, Benarkah? Anak yang susah mendengarkan orangtua dan selalu membangkang pada aturan di rumah, menyebabkan sakit kepala dan frustrasi. Namun, menurut studi tahun 2015 silam menyimpulkan bahwa anak yang masa kecilnya suka sulit dia...
Ibu Bekerja Sebaiknya Ketahui Pengasuhan Anak Yang Kaya Akan Sentuhan ini. Simak 8 E... Attachment Parenting (AP) atau pengasuhan anak yang kaya akan sentuhan adalah sebuah teknik pengasuhan yang kembali dipopulerkan dan dinamai ulang oleh Dr. William Sears, seorang DSA yang menjadi rujukan dengan buku fenomenal...
Ajar Ini pada Anak agar Tumbuh Membanggakan 15 Hal Ini Penting Diajarkan Pada Anak Agar Anak Tumbuh Membanggakan Orangtuanya Sebagai orangtua, tentu Anda ingin anak tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang sukses dan bisa dibanggakan.  Seperti dijelaskan di beriku...
Harmoni Nusantara, Tema Closing Ceremony PON XIX/2016 Jabar Closing Ceremony (Upacara Penutupan) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat akan dihelat pada Kamis malam (29/9/2016) nanti. Wakil Gubernur Jawa Barat selaku Wakil Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar mengungkapkan bah...

Leave a Reply

Your email address will not be published.