Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan khawatir anak-anak Jawa Barat mengalami fenomena BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) yang berujung pada permasalahan sosial seperti kekerasan seksual dan narkoba pada usia produktif.

Oleh karena itu, ungkap Netty, salah satu solusi yang dapat dihadirkan bagi generasi muda melalui Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat ini bertujuan untuk membangkitkan membaca di kalangan pelajar di sekolah.

“Literasi merupakan sebuah kemampuan yang ditandai dengan kebiasaan membaca,” kata Netty dihadapan pelajar pada Kunjungan Kerja ke SMAN 3 Cimahi, Kamis (2/1/17).

Dituturkan Netty, ketika seseorang suka membaca maka akan mampu mengolah informasi dari bacaannya. Selanjutnya dari ilmu yang diperoleh akan menghadirkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena buku yang kita baca hari ini akan menentukan seperti apa kita dimasa akan datang.

Netty berharap institusi pendidikan harus mulai mendesain jenis pembelajaran apa yang membuat anak-anak paradigma baru. Jadi mereka harus kreatif dan mempunyai soft skill untuk membuat produk jadi selain menghidupi dirinya juga menghidupi orang lain.

“Kedepannya anak-anak kita dapat menjadi good creator (pencipta lapangan kerja) bukan job seeker (pencari kerja),” tegasnya.

Maka pada kesempatan ini, Netty mengatakan pada para pelajar bahwa kalian adalah master piece yang diciptakan Tuhan. Maka kita harus mengidentifikasi keunikan dan keistimewaan yang kita miliki.

Kesuksesan harus datang dari kecerdasan dengan melihat peluang dari potensi diri dan cari lingkungan yang kondusif yang menunjang masa depan.

Sumber: jabarprov.go.id

Artikel Terkait

Tragedi Yuyun: Media Sosial, Pornografi dan Miras Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihenyakkan oleh munculnya kasus tragis berupa pemerkosaan massal sekaligus pembunuhan. Korban mengalami kematian setelah diperkosa kolektif alias rame-rame (gang rape) disertai dengan keker...
Aher: Sukses Pertandingan, Prestasi, dan Ekonomi Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (kanan) mengibarkan bendera PON sebelum diserahkan kepada Ketua KONI Tono Suratman (kedua kanan) yang selanjutnya diberikan kepada Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) pada penutupan PON XIX di S...
Rakornas Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan TPPO Wilayah Barat dan Tengah Bandung,Kementrian PP-PA bekerja sama dengan Bidang PPA DP3AKB Provinsi Jawa Barat mengadakan Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang Wilayah Barat d...
Anak Pembangkang Tumbuh Sukses dan Berpenghasilan Besar, Benarkah? Anak yang susah mendengarkan orangtua dan selalu membangkang pada aturan di rumah, menyebabkan sakit kepala dan frustrasi. Namun, menurut studi tahun 2015 silam menyimpulkan bahwa anak yang masa kecilnya suka sulit dia...
Dorothy Law Nolte: Anak Belajar dari Kehidupannya Artikel kali ini lebih ke arah pemahaman tentang Dorothy Law Nolte. Karyanya yang membahas tentang anak akan belajar dari apa yang mereka jalani. Mungkin untuk bisa mengerti artikel ini kita perlu menggunakan sisi perasaan ki...

Leave a Reply

Your email address will not be published.