Bunda Literasi Jawa Barat Netty Heryawan khawatir anak-anak Jawa Barat mengalami fenomena BLAST (Bored, Lonely, Angry, Stress, Tired) yang berujung pada permasalahan sosial seperti kekerasan seksual dan narkoba pada usia produktif.

Oleh karena itu, ungkap Netty, salah satu solusi yang dapat dihadirkan bagi generasi muda melalui Gerakan Literasi Sekolah. Gerakan yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Jawa Barat ini bertujuan untuk membangkitkan membaca di kalangan pelajar di sekolah.

“Literasi merupakan sebuah kemampuan yang ditandai dengan kebiasaan membaca,” kata Netty dihadapan pelajar pada Kunjungan Kerja ke SMAN 3 Cimahi, Kamis (2/1/17).

Dituturkan Netty, ketika seseorang suka membaca maka akan mampu mengolah informasi dari bacaannya. Selanjutnya dari ilmu yang diperoleh akan menghadirkan solusi dari permasalahan yang dihadapi. Karena buku yang kita baca hari ini akan menentukan seperti apa kita dimasa akan datang.

Netty berharap institusi pendidikan harus mulai mendesain jenis pembelajaran apa yang membuat anak-anak paradigma baru. Jadi mereka harus kreatif dan mempunyai soft skill untuk membuat produk jadi selain menghidupi dirinya juga menghidupi orang lain.

“Kedepannya anak-anak kita dapat menjadi good creator (pencipta lapangan kerja) bukan job seeker (pencari kerja),” tegasnya.

Maka pada kesempatan ini, Netty mengatakan pada para pelajar bahwa kalian adalah master piece yang diciptakan Tuhan. Maka kita harus mengidentifikasi keunikan dan keistimewaan yang kita miliki.

Kesuksesan harus datang dari kecerdasan dengan melihat peluang dari potensi diri dan cari lingkungan yang kondusif yang menunjang masa depan.

Sumber: jabarprov.go.id

Artikel Terkait

Ini Cara-Cara yang Bisa Mendekatkan Ayah dan Anak Hubungan Ayah dan Anak Harus Dibina Sejak Usia Dini, Ini Cara-Cara yang Bisa Mendekatkan Ayah dan Anak Tugas seorang ayah bukan hanya mencari nafkah bagi keluarganya.
 Seorang ayah idealnya bisa menjadi panutan bagi anak-a...
Desa/Kelurahan Sadar Hukum di Jabar Unggul Desa/Kelurahan sadar hukum di Jabar dinilai terbanyak mengingat jumlahnya saat ini sudah mencapai 2.400 desa. Hal demikian, diungkapkan  Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate...
Netty: Kejadian Jamal Harus Jadi Pelajaran Semua Orang Tua Kasus Jamaludin Muhammad (6 tahun), bocah asal Garut, Kampung Cisante, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu yang kedua tangannya harus diamputasi karena remuk masuk dalam mesin penggiling bata, menjadi perhatian semua pejabat. Sal...
Kasus Kekerasan Anak Tinggi, KPAI: Menjadi Pekerjaan Rumah Serius bagi Indonesia Ilustrasi kekerasan pada anak (Foto: Okezone) Tingginya kasus yang menimpa anak di usia dini setiap tahun terus meningkat. Komisi Perlindungan Anak Nasional (KPAI) terus menggiatkan program per...
6 Cara Ajarkan Anak Mandiri Anak Anda Usia 3 Tahun? Sudah Saatnya Diajarkan Mandiri, Ajarkan Anak Usia 3 Tahun Mandiri dengan 6 Cara ini Kemandirian perlu anda-ajarkan sedini mungkin pada anak anda. Meskipun demikian banyak orang tua yang melewati ca...

Leave a Reply

Your email address will not be published.