Ilustrasi kekerasan pada anak (Foto: Okezone)
Ilustrasi kekerasan pada anak (Foto: Okezone)

Tingginya kasus yang menimpa anak di usia dini setiap tahun terus meningkat. Komisi Perlindungan Anak Nasional (KPAI) terus menggiatkan program perlindungan anak berbasis masyarakat, guna menanggulangi permasalah tersebut.

Wakil Ketua KPAI, Susanto menganggap Intervensi pencegahan dan penanganan terhadap anak di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah serius. Meskipun sudah banyak lembaga layanan berbasis masyarakat, namun tidak sedikit yang mengalami kendala SDM.

"Pembiayaan bahkan sarana dan prasarana layanan juga masih sangat minim. Alhasil dampaknya, marak korban pelanggaran anak di berbagai titik daerah yang kurang mendapatkan layanan penyelesaian secara komprehensif," terangnya.

Melihat kompleksitas kasus yang ada, pekerjaan rumah cukup besar bagi Indonesia adalah bagaimana memastikan proteksi negara agar anak tidak terpapar pornografi, radikalisme serta tidak terpapar kejahatan berbasis dunia maya.

"Ini kita lakukan agar kasus kejahatan dan pelanggaran anak di masyarakat bisa ditekan dan pembudayaan ramah anak bisa ditumbuhkan," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, tren kasus pelanggaran anak mengalami fluktuasi dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 saja mencapai 5.066 kasus, Tahun 2015, terdapat 4.309 kasus dan tahun 2016 mencapai 4.620 kasus.

(muf)

Sumber: https://news.okezone.com

Artikel Terkait

Ini Cara-Cara yang Bisa Mendekatkan Ayah dan Anak Hubungan Ayah dan Anak Harus Dibina Sejak Usia Dini, Ini Cara-Cara yang Bisa Mendekatkan Ayah dan Anak Tugas seorang ayah bukan hanya mencari nafkah bagi keluarganya.
 Seorang ayah idealnya bisa menjadi panutan bagi anak-a...
Dua Cara Hukum Kebiri Dilakukan Ilustrasi kejahatan seksual. KOMPAS.com — Menanggapi maraknya kasus kejahatan seksual pada anak-anak, Presiden Jokowi setuju, pemberatan hukuman terhadap pemerkosa anak berupa hukuman kebiri. Menurut Wikipedia, peng...
Anak Suka Memberontak? Pahami 6 Penyebabnya dan 9 Cara Menghadapi Anak yang Suka Mem... Anak Suka Memberontak? Dalam menghadapi anak yang suka memberontak, orangtua cenderung marah, kesal, dan membujuk agar anak-anak mau berubah. Akan tetapi, hal itu tidak akan berhasil. Marah terhadap anak pemberontak ...
Kasus Kekerasan Seksual Perempuan 300 Ribu per Tahun REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jumlah kasus kekerasan seksual di Indonesia setiap tahun meningkat tajam mencapai 298.224 kasus atau hampir mencapai 300 ribu kasus per tahun, periode tahun 2013 hingga 2015. "Data Komnas Per...
Aher: Istighosah, Mobilisasi Doa untuk Kesuksesan PON di Jawa Barat Sekitar 1.500 orang yang merupakan PNS Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung serta masyarakat sekitar Stadion GBLA melaksanakan istighosah atau doa bersama menyambut pelaksanaan PON XIX/2016 Jawa Barat. Hadir dalam istighosah...

Leave a Reply

Your email address will not be published.