Terlihat begitu miris melihat bagaimana anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu yang bertema cinta. Apalagi banyak sekali lirik dari lagu-lagu tersebut yang terdengar vulgar dan sangat tidak cocok untuk dinyanyikan anak-anak. Karena memang sebenarnya lagu-lagu tersebut ditujukan untuk orang dewasa. Keberadaan industri lagu-lagu khusus anak-anak seakan-akan mati. Setelah era 90an, lagu untuk anak-anak tak terdengar lagi suaranya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa anak-anak menyanyikan lagu untuk orang dewasa.

Sebagai orang tua seharusnya bijak dalam mengawasi hiburan untuk anak-anak. Salah satu caranya yakni dengan mengarahkan mereka kepada hiburan yang sesuai usianya, baik itu berupa tontonan seperti kartun atau lagu-lagu tertentu. Namun, bila Anda kebingungan dalam mencari lagu-lagu yang tepat untuk anak-anak Anda. Berikut ini beberapa referensi lagu-lagu anak yang bisa Anda jadikan pilihan.

1). Lagu Daerah

Indonesia terdiri berbagai suku bangsa yang memiliki bahasa, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Selain itu, berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia juga memiliki kesenian yang berbeda-beda pula. Salah satu produk kesenian yang dihasilkan yakni lagu daerah. Ada banyak sekali lagu daerah yang ada di Indonesia. Diantara lagu daerah tersebut ada lagu-lagu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Jadi, Anda bisa mencoba mengajarkan lagu daerah tersebut. Misalnya saja lagu “Ampar-ampar Pisang” dari daerah Kalimantan Selatan.

2). Lagu Anak-anak Lawas

Musik yang bagus tidak akan mengenal batas waktu, selalu enak untuk dinyanyikan kapan saja. Hal itulah yang terjadi pada berbagai lagu anak-anak yang berasal dari tahun 80an, 90an atau bahkan jauh sebelum itu. Sebut saja lagu “Anak Gembala”, “Balonku”, “Bintang Kecil”, “Abang Tukang Baso”, “Amelia”, “Lihat Kebunku”, “Kring Ada Sepeda”, dan lain sebagainya. Meski lagu-lagu tersebut merupakan lagu lama, namun selalu menarik untuk dinyanyikan.

Jika Anda kesulitan mencari referensi lagu-lagu untuk anak-anak, Anda bisa mencarinya di youtube. Di website tersebut terdapat banyak sekali video lagu untuk anak-anak Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi lagu untuk anak-anak Indonesia di Play Store dari smartphone Anda.

Sumber: By Windu Merdekawati
(http://www.bhataramedia.com)

Artikel Terkait

Ineu Sebut Momen Kartini Refleksi Kaum Perempuan Indonesia Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari menyebutkan bahwa momen peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April sebagai momentum merefleksikan nilai-nilai kepribadian Kartini bagi kaum p...
Sosialisasi KPPPA Sukses Besar, Hampir 100 Persen Warga Jailolo Siap Menjalankan Pro... TRIBUNNEWS.COM, HALMAMERA BARAT - Program Sosialisasi Three Ends yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, mendapatkan sukses besar....
Penyerahan Bingkisan dari BAZNAS Provinsi Senin, 12/06/2017. Kepala Bidang Peningkatan Kualitas Keluarga (PKK) Dinas P3AKB Setya Mulayana secara simbolis menyerahkan bingkisan dari BAZNAS Provinsi Jawa Barat.
Kadis P3AKB : Permasalan Kekerasan harus diselesaikan dari Hulu sampai Hilir… Bandung,Kepala Dinas P3AKB Provinsi Jawa Barat dalam paparannya mengatakan bahwa masalah-masalah kekerasan yang terjadi pada anak dan perempuan harus diselesaikan mulai dari hulu sampai hilir..,paparan itu disampaikan kepala ...
Netty: Penyebab Kekerasan adalah Kemiskinan Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan akar penyebab tindakan kekerasan adalah kemiskinan.  Hal ini didukung oleh pernikahan dini, disharmoni dan k...

Leave a Reply

Your email address will not be published.