Penyelenggaraan PON XIX Tahun 2016, Sabtu (17/9) malam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api resmi dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo dengan membunyikan sirine didampingi Gubernur Jabar dan Menpora.

Peresmian ini merupakan babak awal pelaksanaan pertandingan-pertandingan yang akan berlangsung dari tanggal 17 sd.29 September dimana venue-venuenya tersebar di 14 Kab/Ko Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengemukakan, bahwa ajang PON ini hendaknya merupakan pembinaan para atlet Indonesia untuk persiapan menghadapi SEAGAME di Malaysia tahun 2017 dan Asian Game di Indonesia pada tahun 2018. Mudah-mudahan melalui PON ini akan lahir atlet-atlet yang handal, ujarnya.

Menyinggung soal pembinaan olah raga, menurut Presiden Jokowi hendaknya bisa dilakukan mulai dari tingka bawah. Mulai tingkat RW, Kelurahan,Kecamatan sampai Kota/Kab, jelasnya.

Dalam pesan sambutan terakhirnya, Jokowi berharap melalui PON ini akan lahir atlet-atlet yang handal, “atlet yang lahir di tanah legenda”, harapnya.

Acara pembukaan PON XIX ini diawali pertunjukkan seni yang memadukan aspek modern dan tradisional yang ditampilkan oleh para pelajar Kota Bandung. Aspek kebudayaan Jawa Barat dipadukan dengan modern terutama pada kostum dan asasoris yang digunakan. Ada dua pertunjukkan kolosal yang ditampilkan, yang masing-masing berkesinambungan dengan thema “Gurilap”.

Acara resmi diawali dengan defile 34  kontingen peserta PON yang diawali oleh kontingen Provinsi Aceh dan diakhiri Kontingen Jawa Barat. Saat defile Kontingen Jawa Barat sebagai penutup rangkaian defile, para penonton memberikan applaus sambil kata “Jabar Kahiji”. “Jabar kudu kahiji.

Usai defile dilanjutkan dengan penyampaian janji atlet dan janji wasit, kemudian menaikan bendera PON dan setelah penyampaian sambutan Gubernur dan Pidato Presiden Jokowi, acara pembukaan diakhiri dengan penyalaan api PON. Api PON dari pintu gerbang dibawa oleh mantan atlet bulutangkis Taufik Hidayat dan Susi Susanti, dan kemudian diberikan kepada atlet bina raga Ade Rai untuk kemudian menyalakan api dikalderon. Seluruh rangkaian acara pembukaan PON XIX ditutup dengan pertunjukkan kebang api.

Artikel Terkait

Hukuman Kebiri Menyasar Kejahatan Seksual Berulang, Beramai-ramai, dan Paedofil KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (10/5/2016) KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menandatangani Per...
Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memberi Gadget pada Anak "Foto: Getty Images " Pendapat ini pro dan kontra. Ada yang mengatakan anak boleh diberi gadget selama ada di bawah pengawasan. Ada pula yang dengan tegas mengatakan tidak. Sementara sekarang ini, sudah menjadi pemand...
Era Revolusi Industi 4.0, ASN Pun Perlu Shifting BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta para Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk berperilakulah seperti air. Air itu mengalir mengikuti bentuk. Seperti halnya dengan perkembangan jaman saat ini (revolusi ind...
Apel Pagi Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 88 Bandung, Ibu Sekretaris BP3AKB Dra. Nina Sri Inayati, Apt.M.Kes saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga pada apel pagi memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 88 di halaman depan kantor BP3AKB Provinsi Jawa Bara...
Lagu Jabar Tolak Kekerasan Vokal : Nurzuchraeni & Hipni Mubarok A Arranger : M. Ropik Produksi : Sebelas Tekno Media - Garut --- Silakan lihat videonya di bawah ini https://www.youtube.com/watch?v=8hlQNmUdZyM&rel=0 --- Saat isak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.