Bulan April, salah satu bulan istimewa bagi perempuan. Di bulan inilah diperingati secara nasional Hari Kartini, 21 April. Sosok Kartini memang identik dengan emansipasi wanita, dimana beliau merupakan salah satu tokoh wanita yang memperjuangkan kesetaraan hak antara wanita dan laki-laki.

Banyak cerita darinya, terkait perjuangannya terhadap hak-hak dan juga kewajiban perempuan. Bagaimana perempuan pingitan bisa berhubungan dengan dunia luar bahkan bisa melakukan perjuangannya. Dengan berkirim surat dengan temannya yang ada di Eropa. Surat yang dikirimkan beliau kepada tema-temannya di Eropa yang berisi pemikiran dan keinginan beliau.Menyampaikan segala pemikiran terkait perempuan dari hak dan kewajibannya berjuang atas nama emansipasi wanita. Beliau lahir pada 21 April 1879 dan wafat pada 17 September 1904.

Perhatian beliau tidak hanya pada emasipasi Perempuan saja tapi juga masalah sosial umum. Memperjuangkan hak-hak wanita pribumi agar memiliki hak yang sama dengan lelaki dalam memperoleh pendidikan yang layak. Terbukti dengan beliau mendirikan sekolah di daerah Rembang. Perjuangannya terhadap kaum perempuan sampai akhir hayat beliau, membuat beliau ditetapkan sebagai pahlawan oleh presiden Soekarno dan hari lahirnya ditetapkan sebagai hari Kartini yang saat ini banyak diperingati oleh banyak perempuan di Indonesia.

Dari perjuangan Kartini inilah yang menjadi salah satu awal untuk perempuan untuk terus berjuang meneruskan cita-cita beliau atas emansipasi wanita. Yang tentu disetiap perempuan masing-masing cara dalam meneruskan perjuangannya. Pada saat ini pun perempuan terus melanjutkan perjuangannya bagaimana menjadi perempuan modern yang tidak hanya sebagai peghuni dapur rumah seperti dulu. Dengan berbagai pemikiran dan juga kebebasan memilih untuk meneruskan hidup dan juga masa depan yang sesuai dengan kehidupan saat ini. Apalagi saat ini perempuan lebih punya kebebasan terkait apapun baik pekerjaan ataupun yang lain. Perempuan berkarier saat ini banyak, kerja kantor,polisi,tentara, bahkan menjadi bagian dari perpolitikan. Ini menunjukkan bahwa perempuan sudah bisa memilih sesuai dengan kata hati. Semoga semangat Kartini ini bisa memacu semangat perempuan masa kini untuk bisa berkarya, bekerja atau bertindak sesuai dengan cita-cita beliau dan menjawab setiap tantangan disetiap masanya.

“Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup!” -R.A. Kartini-

Kartini Masa Kini

Jika dulu Kartini memperjuangkan hak-hak wanita, bagaimana dengan Kartini masa kini yang sering disebut Kartini Modern? Kira-kira sosok wanita seperti apa sih yang pantas disebut sebagai Kartin Modern?

Berikut kami merangkum beberapa kriteria wanita yang pantas mendapat predikat sebagai Kartini Modern.

1. Inspiratif
Sebagian orang menganggap, untuk bisa dikatakan inspiratif, seseorang harus menginspirasi banyak orang. Namun nyatanya, tidak perlu menginspirasi banyak orang untuk bisa dikatakan sebagai wanita yang inspiratif. Bahkan jika seorang wanita sudah bisa menginspirasi orang-orang terdekat seperti keluarga, wanita tersebut sudah pantas dikatakan sebagai sosok wanita yang inspiratif.

2. Berani
Salah satu sikap yang harus dimiliki oleh Kartini Modern adalah berani. Dalam hal ini, wanita harus berani menghadapi suatu masalah, berani mengambil keputusan dan menghadapi segala resiko yang mungkin akan terjadi jika keputusan tersebut diambil.

3. Aktif
Untuk bisa dikatakan sebagai Kartini Modern, seorang wanita harus aktif dan kritis. Artinya, wanita tidak lagi menjadi pasif dan hanya menerima segala sesuatu dengan begitu saja, tapi berani bersuara dan mengkritisi hal-hal yang tidak sesuai dengan pemikiran mereka.

4. Pintar Mengatur Waktu
Wanita harus pintar dalam mengatur waktu, terutama bagi wanita yang sudah berkeluarga. Salah satu bentuk emansipasi wanita adalah kini wanita tidak lagi hanya mengurusi anak dan suami di rumah, tapi juga memiliki hak yang memiliki aktivitas lain seperti bekerja. Meskipun begitu, wanita tentunya harus bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Jika Anda sudah memutuskan untuk menjalani dua peran sekaligus, pastikan kedua peran tersebut dapat Anda jalankan dengan seimbang.

5. Konsisten
Wanita harus memiliki konsistensi dalam segala hal, diantaranya dalam ucapan dan tindakan. Dengan menjadi orang yang konsisten, Anda juga akan menjadi orang yang dapat dipercaya dalam lingkungan sekitar Anda.

6. Memiliki Perencanaan
Sosok wanita yang pantas disebut sebagai Kartini Modern adalah wanita yang memiliki perencanaan yang bersifat jangka panjang maupun jangka pendek. Selain itu, sebelum membuat perencanaan, Anda harus memikirkan secara matang terlebih dahulu mengenai resiko dari rencana-rencana yang Anda buat.

Bagaimana? Sudahkah Anda memiliki kriteria untuk menjadi sosok Kartini Modern?

Sebagai penutup, kami mengucapkan selamat hari Kartini untuk semua wanita-wanita hebat Indonesia 😀

Sumber:
https://blog.tokopedia.com
dan sumber lainnya

Artikel Terkait

Netty Dinobatkan Jadi Kartini Masa Kini Sepak terjang Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan dalam bidang perlindungan perempuan dan anak, serta keaktifannya dalam gerakan pemasyarakatan minat baca di Jawa Barat, memboyong Netty dianugerahi pen...
Lala, Karateka Cilik Penyulut Kalderon PON XIX Kejutan diberikan PB PON XIX Jabar dengan menghadirkan atlet cilik yang bertugas paling akhir membawa api PON. Atlet cilik bernama Lala Diah Pitaloka itu merupakan atlet karateka . Lala Diah Pitaloka, anak berusia 11 tahun...
Suara Susi Pudjiastuti Untuk Anak Bangsa Hampir 2 decade PMA asing diperbolehkan investasi 100% di Perikanan Tangkap. Dep. KKP keluarkan ijin tangkap untuk kurang lebih 1300 kapal dari China, Thailand, Taiwan, Jepang dan lain lain. Kapal kapal tersebut ada yang masu...
#inginjadilegenda Harmoni Keluarga, Lahirkan Juara Lihat video berikut ini Regenerasi lahir dari potensi yang sejak dini, dilatih dan berprestasi. Juara, datang dari rumah. Didampingi keluarga. Selain jadi atlit, harus juga berprestasi di sekolah. Harmoni keluarga, la...
Ceu Popong, Wanita Inspiratif di Jawa Barat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan memiliki kesan khusus ketika pertama kali bertemu dan mengingat sepak terjang Dr. (HC) Popong Otje Djunjunan (Ceu Popong) sejak tahun 2008 di Jawa Barat. Bagi Netty, ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.