WhatsApp Image 2019-02-15 at 07.52.24

Rapat Koordinasi Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) tahun ini mengambil tema "Diseminasi Program Kampung Keluarga Bahagia Menuju Kampung Keluarga Juara"

Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuat peraturan daerah mengenai Ketahanan Keluarga yaitu Perda Prov Jabar nomor 9 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Maksud dari perda ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, keluarga, masyarakat dan dunia usaha dalam menciptakan, mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga.

Peran MOTEKAR yang berfungsi sebagai pemberdaya mampu mentransformasikan nilai-nilai keberdayaan kepada keluarga yang mengalami kerentanan atau kekurangberdayaan.

Tahun 2019 ini DP3AKB Prov. Jabar akan meluncurkan program baru Kampung Keluarga Juara (Kalua). Program Keluarga Juara (Kalua) bertujuan menciptakan kesatuan wilayah yang memiliki indeks kebahagiaan, ketahanan keluarga dan nilai religius yang terukur kuat dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan lembaga masyarakat serta dunia usaha yang terencana secara menyeluruh guna mencapai tujuan keluarga yang berkualitas, sejahtera, bahagia lahir dan batin.

Kampung Keluarga Juara merupakan program unggulan untuk mengoptimalisasikan pembangunan ketahanan keluarga di Jawa Barat. MOTEKAR harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dalam program baru Kampung Keluarga Bahagia (Kalua) ini.

Kegiatan Rapat Koordinasi Program Motivator Ketahanan Keluarga pada hari Rabu – Kamis, 13 – 14 Februari 2019 di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor – Sumedang.
a. Narasumber dan Materi :
• Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Ir. Dody Erlando M. Econ) dengan tema Indeks Kebahagiaan Masyarakat Jawa Barat;
• Fasilitator Motekar (Dra. Ani Rukmini, M.I.Kom) dengan tema Konsep Kampung Keluarga Juara (KALUA);
• Fasilitator Motekar (Drs. Bambang Setiawan, MM) dengan tema Hakekat Keluarga Juara);
• Fasilitator Motekar (Dr. Chairiawaty) dengan tema Profil Kampung Keluarga Juara (KALUA);

b. Peserta yang hadir : 110 orang terdiri dari 54 perwakilan dari 27 Dinas yang terkait dengan Program Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) dan. 56 Perwakilan dari Koordinator Motekar serta Trainer Motekar.

c. Rencana Tindak lanjut: Kesinambungan dan realisasi komitmen bersama dalam meningkatkan kinerja Motekar serta membantu terlaksananya Program Kampung keluarga Juara (KALUA).

Artikel Terkait

Santunan ke Keluarga Korban Perkosaan dan Pembunuhan Ketua Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Dewi Sartika mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Netty Prastyani Heryawan saat mengunjungi keluarga korban kasus pembunuhan dan pem...
Upgrading Trainer Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) Tahun 2020 Kegiatan dilaksanakan hari Kamis, 27 Februari 2020 di Brits Hotel Karawang. Visi Pemerintah Provinsi Jawa Barat tahun 2018-2023 terwujudnya Jawa Barat juara lahir batin dengan inovasi dan kolaborasi mengusung misi kedua me...
Sekolah Ramah Anak Terbangun Dari 3 Komponen Utama Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat yang juga Bunda Literasi Jabar, Netty Heryawan menyebutkan, setidaknya ada 3 komponen penting di sebuah sekolah untuk disebut sebagai se...
Dewi Sartika: Sikapi Media Sosial dengan Dewasa Saat ini anak-anak hidup dalam lingkungan tanpa batas karena kemajuan teknologi. Teknologi informasi terutama media sosial harus disikapi dengan dewasa. Dampak negatif berupa pornografi dan akun-akun media sosial yang menyimp...
Aher Imbau Bangun Ketahanan Keluarga Jabar yang Tangguh Membangun ketahanan keluarga merupakan salah satu cara dalam mendorong tumbuh kembang anak yang baik. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ketika membuka acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke...

Leave a Reply

Your email address will not be published.