Silakan simak videonya di bawah ini

Anak Indonesia adalah harapan bangsa. Setiap anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan berhak mendapatkan pendidikan setinggi mungkin. Satuan pendidikan atau sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan anak karena sekitar sepertiga waktu anak berada di sekolah.

supaya anak-anak dapat belajar dengan baik, sekolah harus mampu menyediakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan kebutuhan anak dan menciptakan suasana belajar dan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak dalam wujud sekolah ramah anak. Setiap anak diberi kesempatan untuk terlibat aktif dalam mewujudkan sekolahnya menjadi sekolah ramah anak.

Sekolah ramah anak adalah sekolah inklusif yang harus memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak termasuk anak berkebutuhan khusus. Penataan lingkungan kelas harus menunjang suasana pembelajaran aktif, inklusif, non diskriminatif dan ramah. Kapasitas ruangan harus sesuai dengan jumlah siswa. Memiliki pencahayaan dan ventilasi yang baik serta didukung peralatan belajar yang ramah anak. Di dalam sekolah nama anak juga disediakan usaha kesehatan sekolah yang berisi fasilitas kesehatan untuk para murid.

Selain itu anak-anak juga diajarkan berperilaku hidup bersih dan sehat seperti menjaga toilet tetap bersih, mencuci tangan dengan air bersih mengalir, minum air matang dan membuang sampah pada tempatnya. Di dalam sekolah nama anak semua pangan dan jajanan yang tersedia harus sehat tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan anak. Sekolah harus memberikan pengetahuan Bagaimana memilih makanan minuman dan jajanan yang sehat.

Sekolah ramah anak dapat dikembangkan menjadi sekolah kejujuran yang mengajarkan nilai-nilai kejujuran kepada anak-anak sejak dini. Sekolah ramah anak juga termasuk Madrasah Insan Cendekia dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan akhlak dan budi pekerti anak. Anak juga diajarkan untuk menghormati orang yang lebih tua seperti ayah ibu dan guru sekolah. Berkarakter juga merupakan dimensi sekolah ramah anak yang mengajarkan anak tentang pentingnya memiliki karakter positif budi pekerti dan cinta tanah air. Perlu dipastikan di dalam sekolah ramah anak harus merupakan kawasan tanpa rokok dan bebas napza agar semua anak terlindungi dari ancaman bahaya narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya yang berbahaya bagi kesehatan.

Sekolah ramah anak perlu dilengkapi dengan ruang konseling, ruang kreativitas untuk kegiatan budaya seperti musik, tari, lukis dan lain-lain serta tersedianya lapangan olahraga, area bermain dan tempat ibadah. Sekolah nama anak juga harus aman bencana yaitu memiliki standar penanggulangan bencana yang memadai sehingga tidak membahayakan anak-anak yang sedang belajar. Sekolah ramah anak juga merupakan sekolah adiwiyata yang mengajarkan kepedulian anak-anak terhadap masalah pelestarian lingkungan.

Sekolah ramah anak juga diartikan sebagai sekolah tanpa kekerasan yaitu tidak boleh terjadi kekerasan di sekolah yang dilakukan oleh guru, murid atau warga sekolah lainnya. Semua warga sekolah wajib memberikan perlindungan terhadap anak dari diskriminasi dan tindakan kekerasan dalam bentuk apapun. Sekolah ramah anak adalah sekolah hebat yang membawa anak-anak berprestasi optimal sampai ke tingkat nasional bahkan sampai tingkat internasional.

Dengan partisipasi orang tua, wali, lembaga masyarakat, dunia usaha, alumni dan semua masyarakat mari kita semua bekerja sama mewujudkan sekolah ramah anak demi terwujudnya anak indonesia yang berkualitas.

Dengan sekolah ramah anak akan tecipta generasi muda andalan bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berahklak mulia dan cinta tanah air.

Mendudkung terwujudnya kabupatan dan kota layak anak menuju Indonesia Layak Anak.

Artikel Terkait

12 Merchandise Resmi Diluncurkan PB PON Tahun 2016, bersama Dekranasda Jabar, telah meluncurkan 12 jenis merchandise resmi PON tahun 2016. Hal demikian, diutarakan Ketua Dekranasda Jabar, Ny. Netty Prasetyani dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (14/...
Pelatihan TOT GN AKSA Bagi Kab/Kota se Jawa Barat Jatinagor,Bidang PPA Melalui Seksi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak mengadakan pelatihan TOT Gerakan Nasional Anti Kejahatan Kekerasan Seksual terhadap Anak (GN AKSA) bagi Kabupaten Kota se Jawa Barat,Acara di...
Waspada Bahaya Kekerasan dalam Pacaran Tahukah anda bahwa 1 dari 3 perempuan di dunia mengalami kekerasan, baik berupa kekerasan fisik maupun kekerasan seksual (WHO, 2010). Bahkan 1 dari 4 perempuan di negara maju juga mengalami kekerasan hingga mencapai 25%. ...
Apa Pendapat Anda Atas Usulan Harga Rokok Naik Jadi Rp. 50.000 Apa pendapat Anda atas usulan harga rokok naik jadi Rp. 50.000? Silakan tulis di kolom komentar ya! Salah satu tuntutan anak Indonesia kepada pemerintah di Hari Anak Nasional adalah segera tanda tangani FCTC. FTCT (Framewo...
Rakornas PP-PA di Maluku Utara, Ribuan Peserta Ramaikan Kota Ternate Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementrian PP-PA) Yohana Yembise didampingi KH. Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Melaksanakan Konfrensi Pers dalam rangka Rakornas PP-PA yang telah dimulai sej...

Leave a Reply

Your email address will not be published.