Kepala BP3AKB Dr.Hj.Nenny Kencanawati,M.Si berkesempatan memberikan laporan pada acara Semiloka Perlindungan terhadap Anak ketika berperkara hukum. Dalam acara tersebut hadir pula menteri PP dan PA Prof.Dr.Yohana Susana Yembise, Ibu Hj.Dr.Netty Prasetiyani Heryawan,M.Si selaku Ketua P2TP2A Prov.Jawa Barat dan Ibu Hj.Diah Sulastri Dewi,SH.MH selaku ketua Pengadilan Negeri Cibinong Kab.Bogor.

Dalam laporannya kepala BP3AKB Prov. Jabar mengutarakan dasar hukum dari Perlindungan Anak Ketika Berperkara Hukum tahun 2015 yaitu Undang-Undang Nomor 11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Undang-Undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 23 tahun 2003 tentang Perlindungan Anak, Peraturan daerah nomor 5 tahun 2006 tentang Perlindungan Anak, Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 463/KEP.627-BPPKB/2012 tentang Gugus Tugas Pengembangan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan seluruh stake holders Perlindungan Anak di Jawa Barat khususnya yang menangani permasalahan anak yang berhadapan dengan hukum, meningkatkan komitmen kerja sama dan sinergitas seluruh stake holders Perlindungan Anak di Jawa Barat, khususnya yang menangani permasalahan anak yang berhadapan dengan hukum dalam terkait pelaksanaan undang-undang nomor 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak.

Acara Semiloka Perlindungan terhadap Anak Ketika Berperkara Pidana tahun 2015 ini diikuti oleh 260 peserta. Adapun materi pada acara tersebut adalah:

  • Kebijakan Nasional Perlindungan Anak
  • Pola Pengasuhan Anak berbasis Masyarakat
  • Model Perencanaan Penangganan ABH di Provinsi dan Kabupaten/Kota
  • Penyelesain Perkara Pidana Anak Melalui Diversi di Kepolisian
  • Diversi Kejaksaan
  • Diversi Pengadilan
  • Paparan Undang-undang No. 11 tahun 2012 tentang Sistim Peradilan Pidana Anak dan Implementasi Penyelesaian Perkara Pidana Anak melalui Diversi di Pengadilan.

Artikel Terkait

BP3AKB Dukung Gerakan Citarum Bestari Sebagai dukungan untuk gerakan Citarum menjadi Bersih Sehat Indah dan Lestari (Bestari) yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi ...
Rakornas Pembangunan PP dan PA Th.2016 Menteri PP dan PA: Three Ends Strategi Mengakhiri Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP dan PA) sejak 28 hingga 31 Maret mengadakan Rapat Koordinasi Nasional Pemb...
Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Prov. Jawa Barat menuju Provinsi Laya... Kegiatan Dilaksanaka hari Selasa, 6 Juni 2017 Pukul 08.00 sd. 12.30 WIB di Hotel Golden Flower Jl. Asia Afrika No 15. Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Prov. Jawa Barat menuju Provinsi Layak Anak (Pr...

Leave a Reply

Your email address will not be published.