Setiap anak memiliki pribadi yang berbeda, ada yang bersikap yang manis dan menyenangkan ada juga yang bersikap tidak menyenangkan. Sikap yang tidak menyenangkan ini seringkali membuat emosi, stres dan panik bagi orang tua. Tapi sebagai orang tua hal ini jangan membuat kamu menyalahkan anak-anak.

Para ibu, berikut adalah cara untuk membuat anak-anak bersikap manis dan menuruti keinginanmu sebagai orang tua. Hal ini seperti yang dilansir dalam abcnews.com yaitu:

  1. Perhatikan tingkah laku anak-anak, pastikan mereka tahu apakah yang dilakukannya akan membuat kamu merasa bahagia atau justru sebaliknya.
  2. Ketika dia melakukan hal yang baik jangan ragu untuk memberikan penghargaan dan kado untuk mereka. Anak-anak sangat menyukai bingkisan.
  3. Hindari mengucapkan kata jangan saat mereka berbuat hal yang buruk. Ganti dengan kalimat positif yang kamu ingin mereka lakukan untukmu.
  4. Bersikaplah penuh dengan antusiasme tentang sikap baik anak-anak.
  5. Saat kamu menginginkan mereka melakukan satu hal, berikan penjelasan sekali saja jangan berulang kali karena akan membuat mereka merasa bosan dan tidak nyaman.
  6. Abaikan perilaku si kecil yang menyebalkan, dengan kamu tidak tertarik menanggapinya akan membuat ia tahu bahwa kamu tidak tertarik padanya.
  7. Bersikap tenang akan membuat si kecil merasa lebih tenang.

Menghadapi anak kecil memang tidak mudah. Anak kecil lebih mudah meniru perilaku daripada mendengarkan ucapan. Maka lakukan hal positif jika kamu menginginkan hal yang baik juga. Jangan melarang mereka terlalu sering bermain handphone jika kamu sering melakukannya di depan mereka. Semoga informasi ini bermanfaat.

Rujukan
http://m.vemale.com/relationship/ibu-bayi-dan-balita/94816-tips-agar-si-kecil-menuruti-keinginan-orang-tua.html

Artikel Terkait

Anak Indonesia Hebat Tanpa Rokok Siaran Pers Nomor: B-274 /Set/Rokum/MP 01/12/2018 Jakarta (19/12) Paparan rokok yang sangat masif dapat berpengaruh negatif bagi kualitas hidup 83,4 juta anak Indonesia. Sudah banyak bukti yang memperlihatkan bahwa anak-an...
KDRT Peringkat Pertama Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Ombudsman RI Ninik Rahayu mengungkapkan Kekerasan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) menempati peringkat pertama dalam kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. Hingga Mei 2016, Ombu...
9 Tanda Tunjukkan Pacar Kamu Lakukan Kekerasan Waspada ya! Kekerasan itu bukan hanya dalam rumah tangga lho... Pernahkah kamu mendengar ada pasangan yang suka melakukan kekerasan pada pasangannya? Ya, cerita semacam ini sudah banyak di antara kita. Atau mungkin kamu p...
Ini Efek Buruk Jika Orangtua Sering Merokok di Dekat Anak Banyak Orangtua Merokok di Depan Anak-anak, Padahal Ini Efek Buruk Jika Orangtua Sering Merokok di Dekat Anak Meski tanda larangan merokok sudah dipasang di berbagai area publik, tetapi masih saja ada perokok yang abai. Pa...
Gubernur Usulkan Pembentukan dan Susunan OPD Baru ke DPRD Jabar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah dalam Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat di Gedung DPRD Jabar, Jl. Diponegoro No. 27, K...

Leave a Reply

Your email address will not be published.