Kasus kekerasan dan pelecehan seksual belakangan ini semakin marak terjadi. Kekerasan seksual ini juga bisa terjadi kepada siapa saja, bahkan tak jarang anak-anak di bawah umur yang menjadi korban dari kejahatan seksual para predator anak.

Anak yang masih lemah dan polos cenderung menjadi sasaran para pelaku kejahatan seksual. Oleh sebab itu, para orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap hal-hal yang yang membahayakan anak.

Dikutip dari vemale.com, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah kemungkinan hal tersebut terjadi pada anak-anak kita.

Ikut campur kehidupan anak

Ikut campur dalam hal ini dalam arti mengetahui apa saja yang dilakukan anak setiap harinya. Tanya anak apa saja yang mereka lakukan, di mana dan bersama siapa. Ke mana mereka pergi biasanya dan lain sebagainya. Biasakan anak untuk menceritakan keseharian mereka agar anak lebih terbuka.

Ketahui orang-orang di sekitar anak

Selain keluarga dekat atau saudara di rumah, ketahui siapa saja orang-orang yang ada di sekitar anak, yang mereka kenal, entah itu teman, orangtua teman, guru, pelatih dan lain sebagainya. Dan tanya bagaimana pendapat anak tentang orang-orang tersebut.

Ketahui pendapat anak tentang berita

Jangan mencegah anak untuk tahu apa yang terjadi di media, meski memang orangtua juga perlu hati-hati memberitahu anak. Tanya mereka apakah ada hal-hal semacam ini yang terjadi di sekolah atau tempat les. Buat mereka paham bahwa hal ini penting dibicarakan dan buat mereka nyaman untuk menceritakan hal-hal seperti ini.

Ketahui perubahan yang terjadi pada anak

Lebih perhatian dan ketahui jika ada perubahan-perubahan tertentu pada anak. Tanya apa yang terjadi dan apa yang mereka rasakan. Mengapa hal itu bisa terjadi dan mulai kapan.

Ajari anak tentang pertahanan diri

Ini langkah yang paling penting, mengajari anak untuk melindungi diri sendiri. Ajari anak bahwa tak seorang pun bisa menyentuh bagian tubuh mereka, sehingga membuat mereka tidak nyaman. Hal ini termasuk pelukan, rabaan, atau menggelitiki. Tekankan bahwa mereka perlu marah jika orang lain menyentuh tanpa seizinnya.

Jangan berikan pakaian terbuka pada anak perempuan

Perkara memberikan atau memilih pakaian untuk anak juga perlu menjadi perhatian bagi orang tua. Memang banyak sekali model pakaian anak yang lucu-lucu, keren, dan dapat membuat anak tampil semakin cantik. Namun, pikirkan juga bahwa pakaian juga berperan penting untuk melindungi dirinya dari bahaya kekerasan seksual.

Itu yang bisa orang tua lakukan untuk dapat melindungi anak-anak kita dari bahaya kekerasan seksual. Tekankan pada mereka bahwa tubuh mereka bukan benda yang bisa disentuh sembarang orang. Biasakan anak untuk menceritakan apa yang membuat mereka tidak nyaman dan beritahu anak bahwa sebagai orang tua, kita selalu ada untuk mereka.

Sumber:
http://www.wajibbaca.com

Artikel Terkait

Harmoni Nusantara, Tema Closing Ceremony PON XIX/2016 Jabar Closing Ceremony (Upacara Penutupan) Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat akan dihelat pada Kamis malam (29/9/2016) nanti. Wakil Gubernur Jawa Barat selaku Wakil Ketua Umum PB PON XIX/2016 Jabar mengungkapkan bah...
Media Center Utama, Pelayanan Prima PB PON Bagi Jurnalis Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV 2016 Jawa Barat tidak akan sukses tanpa dukungan semua pihak, termasuk media massa. Untuk itu PB PON melalui Bidang Penyiaran dan Pelayanan Media b...
34 Bendera Kontingen PON XIX dan Peparnas XV Sudah Dikibarkan Sebanyak 34 bendera kontingen PON XIX dan Peparnas XV Tahun 2016, Rabu (14/9) telah dikibarkan di Halaman Stadion Gelora Bandung Lautan API (GBLA) dengan inspektur upacara Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Pengibaran ben...
Cewek 15 Tahun Asal Bandung Ini Memperjuangkan Hak Anak & Menentang Pernikahan ... foto: dok.pribadi Kenalan dengan Putri Gayatri, yuk. Cewek keren satu ini peduli banget terhadap hak anak dan sangat menentang nikah muda. Berkat kepeduliannya ini, Putri berkesempatan menjadi wakil Indonesia di si...
Di Acara Pembukaan, Stadion GBLA Akan Dipenuhi 27 Ribu Orang Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, nanti dalam pembukaan Penyelenggaraan PON XIX dan Peparnas XV, yang akan berlangsung Sabtu (17/9) malam di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, akan datang sekitar 27 ribu orang memenuhi s...

Leave a Reply

Your email address will not be published.