1. Berikan stimulus

Pemberian stimulus untuk mengasah intelegensinya sangat dianjurkan. Berikan stimulus baik tersebut dengan cara yang menyenangkan sehingga anak akan lebih cepat menerima dan tidak mudah bosan.

2. Libatkan diri Anda

Melibatkan diri di setiap kegiatan anak akan sangat membantu merangsang tumbuh kembangnya. Selain itu dengan keterlibatan orang tua, anak akan merasa lebih dekat dengan menerima kasih sayang Anda.

3. Jangan terlalu dimanja

Sikap orang tua yang selalu memanjakan anak akan berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya. ini terjadi karena anak tidak diajarakan untuk belajar memulai sesuaitu.

4. Buatlah aturan

Membuat aturan bukan berarti Anda adalah orang tua yang over protective. Dengan membuat peraturan, anak dapat mendisiplinkan diri sejak dini sehingga akan lebih menghargai aturan dan juga orang lain ketika dewasa.

5. Beri pujian

Kapan teakhir kali Anda memberi pujian untuk anak Anda? Meskipun hanya sekadar kata “Kamu hebat nak,” dengan memberikan pujian anak akan merasa setiap usahanya dihargai. Manfaat lainnya adalah anak akan merasa diperhatikan orang tuanya sehingga akan melakukan segala sesuatu dengan maksimal.

6. Hindari memberi hukuman fisik

Memberi hukuman fisik akan membuat anak lebih cepat trauma. Alangkah baiknya jika oang tua memberikan nasihat bijak dan mencontohkannya langsung pada anak.

7. Jelajahi lingkungan

Sikap protektif memang diperlukan tetapi jika terus melarangnya melakukan apapun, tentunya akan menghambat tumbuh kembangnya. Biarkan anak menjelajahi lingkungan sekitarnya, selain sebagai tempat bermain, lingkungan juga dapat sebagai tempat pembelajaran.

8. Pilih Informasi yang tepat

Dengan mencari sumber informasi yang tepat seperti konsultasi dengan dokter ataupun mengikuti seminar parenting akan banyak membantu orang tua mengontrol tumbuh kembang anak. Sehingga Anda akan terbebas dari mitos yang menyesatkan dan malah merugikan anak.

Artikel Terkait

KDRT Peringkat Pertama Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisioner Ombudsman RI Ninik Rahayu mengungkapkan Kekerasan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) menempati peringkat pertama dalam kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. Hingga Mei 2016, Ombu...
Lagu Bernuansa Vulgar Kian Marak, Keluarga Harus Makin Awas KAB.CIREBON-Semakin maraknya lagu-lagu bernuansa vulgar dan berbau pornografi di kalangan anak muda, Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan menangga...
Jokowi Berharap Perppu Kebiri Beri Ruang Hakim Jatuhkan Vonis Seberat-beratnya Fabian Januarius Kuwado Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas tentang Dana Alokasi Khusus di Kantor Presiden Rabu (11/5/2016). KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti U...
Sekolah Ramah Anak – Sebuah Panduan Sederhana Gambaran umum tentang sekolah ramah anak. Sekolah yang ramah anak merupakan institusi yang mengenal dan menghargai hak anak untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, kesempatan bermain dan bersenang, melindungi dari kekerasa...
Hari Jadi Jawa Barat ke-71 “Kerja Nyata Untuk Jabar Juara” Jawa Barat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali mengadakan rapat paripurna daerah dalam rangka Peringatan Hari Jadi Jawa Barat ke 71 Tahun 2016 pada jum'at (19/8) bertempat di gedung DPRD Jawa Barat Kota Bandung. Aca...

Leave a Reply

Your email address will not be published.