SIGA bisa diakses di alamat http://siga.bp3akb.jabarprov.go.id

Latar Belakang

Penetapan kebijakan atau proses perencanan tidak akan terwujud dengan baik tanpa didukung oleh ketersedian data dan informasi yang akurat dan lengkap.

Data terpilah Gender dan Anak di Jawa Barat berfungsi untuk memotret tingkat keberhasilan pembangunan pemberdayaan perempuan, perlindungan perempuan dan anak melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA).

Saat ini, data informasi yang ada belum berupa database yang terintergrasi, sehingga akan cukup sulit jika suatu saat akan diolah, diubah, ditambah, dihapus, atau bahkan dicari pada saat-saat tertentu.

Untuk itu agar pengelolaan data bisa lebih optimal lagi, perlu didukung dengan satu aplikasi yang dapat menyimpan, menambah, mengubah, menghapus, maupun mengaksesnya yang tidak yang tidak memerlukan waktu atau tempat, tidak terkait waktu dan tempat.

Menyadarii pentingnya hal tersebut maka perlu adanya pengembangan Aplikasi SIGA Kabupaten/Kota untuk mendukung kabupaten/kota dalam pengelolaan data masing-masing.

Aplikasi sistem informasi Gender dan Anak SIGA

Maksud dan Tujuan

Maksud dari adanya Web SIGA ini adalah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengelolaan data di kabupaten/kota memalui penyediaan fasilitas pengelah data dalam bentuk apliksi kompilasi data SIGA.

Tujuan

  • Untuk menyediakan data dan informasi yang dapat diakses oleh para stakeholders untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Jawa Barat
  • Meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Barat dalam pengunaan data gender dan anak dalam perencanaan,pemantauan, evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pemberdayaan daerah.
  • Meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di daerah secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan serta meningkatkan ketersediaan data gender dan anak.

Sasaran

Tersusunnya data base SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat sehingga dapat digunakan secara maksimal oleh pihak yang berkepentingan.

Keluaran/Output

  • Adanya stuktur database kondisi terkini SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang dapat pula digunakan sebagai sarana pemetaan kondisi SIGA di Kabupaten/Kota di Jawa Barat.
  • Terinstalnya database dan aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa barat pada server yang disediakan.
  • Dapat diaksesnya aplikasi SIGA Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang telah terinstall di sever malalui Web.
  • Adanya dokumentasi, baik dokumentasi teknis sistem maupun dokumentsai petunjuk penggunaan

Manfaat

Tersusunnya basis data SIGA Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat untuk dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan kepentingan.

Artikel Terkait

KPA dan KBKK di Citarum Bestari Untuk terus mendukung gerakan Citarum Bestari yang dicanangkan Pemprov Jabar, di hari terakhir kerja pada bulan Ramadhan ini (sebelum libur Idul Fitri), Jumat, 1 Juli 2016, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan K...
Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Prov. Jawa Barat menuju Provinsi Laya... Kegiatan Dilaksanaka hari Selasa, 6 Juni 2017 Pukul 08.00 sd. 12.30 WIB di Hotel Golden Flower Jl. Asia Afrika No 15. Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Prov. Jawa Barat menuju Provinsi Layak Anak (Pr...
Kunjungan Kerja BP3AKB dan P2TP2A Provinsi Jawa Barat ke Provinsi Bali Sejak awal mulai terbentuknya P2TP2A melalui Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 15 tahun 2010 hingga saat ini, P2TP2A Provinsi Jawa Barat telah menerima dan menangani 777 kasus, meliputi kasus trafiking 269 kasus, Kekerasan ...
LKPJ Gubernur Jawa Barat Tahun 2016 NOTA PENGANTAR LAPORAN KETERANGAN PERTANGGUNGJAWABAN GUBERNUR JAWA BARAT TAHUN ANGGARAN 2016 Disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD Jawa Barat Bandung, 24 Maret 2017 Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum Wr. Wb. ...
Pertemuan Tenaga Penggerak Desa/Kel Tahun 2017 Kota Cirebon Kegiatan dilaksanakan untuk Wilayah Cirebon, 19 April 2017. Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Kesetaraan Gender Bidang Pembangunan keluarga, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Lieska Prasety...

Leave a Reply

Your email address will not be published.