Desa/Kelurahan sadar hukum di Jabar dinilai terbanyak mengingat jumlahnya saat ini sudah mencapai 2.400 desa.

Hal demikian, diungkapkan  Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan, dalam keterangannya kepada wartawan di Gedung Sate, Jum’at (19/8) usai menerima penghargaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum dari Kemenhukham RI.

Menurut Gubernur, setiap tahun Pemprov. Jabar bersama instansi penegak hukum antara lain Kejati Jabar dan Polda Jabar menggelar pembinaan hukum di Desa/Kelurahan.

Dari pembinaan tersebut, lanjut Gubernur, Desa/Kelurahan dievaluasi perihal lunas PBB yang kini mencapai 90 %, aksi kriminalitas dan pengguna narkoba dinilai minim, tidak ada pernikahan dibawah umur, putus sekolah rendah serta  pembangunan di Desa/Kelurahan  sudah beroriensi pada perbaikan lingkungan hidup.

Dengan terpenuhinya kriteria tersebut, maka Desa/Kelurahan sudah memenuhi kriteria Desa/Kelurahan sadar hukum, ujar Gubernur.

Adapun Desa/Kelurahan yang sudah menjadi Desa/Kelurahan sadar hukum mencapai 2.247  Desa/Kelurahan, imbuhnya.

Sementara itu, dari data yang dihimpun Badan Pembinaan Hukum Nasional Tahun 2016, jumlah desa/kelurahan sadar hukum yang tersebar di 31 Provinsi mencapai 2.929 Desa/Kelurahan.

Dengan melihat jumlah tersebut, ujar Gubernur, Desa sadar hukum di Jabar  menempati rangking teratas. (NR)
Sumber: Jabarprov.go.id

Artikel Terkait

Stop Bullying Silakan lihat videonya di bawah ini Terdapat beberapa jenis-jenis bullyinhg. Bullying dapat berbentuk tindakan fisik dan verbal yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Barbara Coloroso (2006:47-50) memba...
Bukittinggi Menjadi Tuan Rumah Puncak Peringatan Hari Ibu Ke-90 Siaran Pers Nomor: B- 275 /Set/Rokum/MP 01/12/2018 Kota Bukittinggi (21/12) – Peran perempuan sebagai ibu bangsa diharapkan dapat menjadi tauladan, pelopor, agen of change, serta individu yang memiliki potensi, p...
Aher: Saya Bangga dan Berterimakasih kepada Warga Jawa Barat BANDUNG-Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengapresiasi, sekaligus berterima kasih kepada seluruh warga Jawa Barat atas antusiasme dalam menyemarakkan Gedung Sate Festival, bertajuk 'Semarak Pesta Rakyat,' dal...
Advokasi Kepada Gugus Tugas Kabupaten/Kota 2017 di Kab.Ciamis Ciamis,6/7/2017.Kepala Bidang PPA BP3AKB Prov.Jawa Barat Hj.Enni Rosiani,SH,bersama Staff saat bertemu Bupati Ciamis sebelum Acara Advokasi Kepada Gugus Tugas di Pendopo Bupati Ciamis.
Para Ortu, Berikan ‘Hadiah’ Ini di Hari Anak Nasional! Besok, 23 Juli, adalah Hari Anak Nasional. Hari Anak Nasional harusnya momen tahun ini bisa menjadi salah satu momen terbaik untuk memberikan perlakuan spesial pada anak. Ya, Hari Anak Nasional memang bermula dari gagasan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published.