WhatsApp Image 2019-02-15 at 07.52.24

Rapat Koordinasi Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) tahun ini mengambil tema "Diseminasi Program Kampung Keluarga Bahagia Menuju Kampung Keluarga Juara"

Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuat peraturan daerah mengenai Ketahanan Keluarga yaitu Perda Prov Jabar nomor 9 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Maksud dari perda ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, keluarga, masyarakat dan dunia usaha dalam menciptakan, mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga.

Peran MOTEKAR yang berfungsi sebagai pemberdaya mampu mentransformasikan nilai-nilai keberdayaan kepada keluarga yang mengalami kerentanan atau kekurangberdayaan.

Tahun 2019 ini DP3AKB Prov. Jabar akan meluncurkan program baru Kampung Keluarga Juara (Kalua). Program Keluarga Juara (Kalua) bertujuan menciptakan kesatuan wilayah yang memiliki indeks kebahagiaan, ketahanan keluarga dan nilai religius yang terukur kuat dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan lembaga masyarakat serta dunia usaha yang terencana secara menyeluruh guna mencapai tujuan keluarga yang berkualitas, sejahtera, bahagia lahir dan batin.

Kampung Keluarga Juara merupakan program unggulan untuk mengoptimalisasikan pembangunan ketahanan keluarga di Jawa Barat. MOTEKAR harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dalam program baru Kampung Keluarga Bahagia (Kalua) ini.

Kegiatan Rapat Koordinasi Program Motivator Ketahanan Keluarga pada hari Rabu – Kamis, 13 – 14 Februari 2019 di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor – Sumedang.
a. Narasumber dan Materi :
• Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Ir. Dody Erlando M. Econ) dengan tema Indeks Kebahagiaan Masyarakat Jawa Barat;
• Fasilitator Motekar (Dra. Ani Rukmini, M.I.Kom) dengan tema Konsep Kampung Keluarga Juara (KALUA);
• Fasilitator Motekar (Drs. Bambang Setiawan, MM) dengan tema Hakekat Keluarga Juara);
• Fasilitator Motekar (Dr. Chairiawaty) dengan tema Profil Kampung Keluarga Juara (KALUA);

b. Peserta yang hadir : 110 orang terdiri dari 54 perwakilan dari 27 Dinas yang terkait dengan Program Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) dan. 56 Perwakilan dari Koordinator Motekar serta Trainer Motekar.

c. Rencana Tindak lanjut: Kesinambungan dan realisasi komitmen bersama dalam meningkatkan kinerja Motekar serta membantu terlaksananya Program Kampung keluarga Juara (KALUA).

Artikel Terkait

Aher Upayakan PUG Lewat Ketahanan Keluarga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus berupaya mengimplementasikan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasiona...
Lomba Kreativitas Perempuan 2016 Menyambut datangnya Ramadhan 2016, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan Lomba Kreativitas Perempuan 2016 pada acara Bazaar Ramadhan yang ...
Silaturahim dan Halal Bihalal 1439H Silaturahim dan Halal dan Bihalal 1439 H Silaturahim dan Halal dan Bihalal 1439 H Silaturahim dan Halal dan Bihalal 1439 H Silaturahim dan Halal dan Bihalal 1439 H
Kegiatan Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga Lokasi: Gedung Sigrong BKPP Wilayah II Purwakarta, Jalan Siliwangi Nomor 1 Purwakarta Peserta: 100 orang (dari PNS Non Provinsi 50 orang dan Non PNS 50 orang) Pihak yang diundang untuk Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan P...
Penandatanganan Nota Kesepahaman GEBER CEWINA Pada Hari Jum'at tanggal 23 Oktober 2020 Bertempat di Kantor DP3AKB Provinsi Jawa Barat Jalan Sumatera Nomor 50 Bandung, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat menandatangani Nota Kesepahaman Gerakan Bersama Pencegahan Perka...

Leave a Reply

Your email address will not be published.