WhatsApp Image 2019-02-15 at 07.52.24

Rapat Koordinasi Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) tahun ini mengambil tema "Diseminasi Program Kampung Keluarga Bahagia Menuju Kampung Keluarga Juara"

Pemerintah Provinsi Jawa Barat membuat peraturan daerah mengenai Ketahanan Keluarga yaitu Perda Prov Jabar nomor 9 tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Maksud dari perda ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, keluarga, masyarakat dan dunia usaha dalam menciptakan, mengoptimalisasi keuletan dan ketangguhan keluarga.

Peran MOTEKAR yang berfungsi sebagai pemberdaya mampu mentransformasikan nilai-nilai keberdayaan kepada keluarga yang mengalami kerentanan atau kekurangberdayaan.

Tahun 2019 ini DP3AKB Prov. Jabar akan meluncurkan program baru Kampung Keluarga Juara (Kalua). Program Keluarga Juara (Kalua) bertujuan menciptakan kesatuan wilayah yang memiliki indeks kebahagiaan, ketahanan keluarga dan nilai religius yang terukur kuat dengan mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan lembaga masyarakat serta dunia usaha yang terencana secara menyeluruh guna mencapai tujuan keluarga yang berkualitas, sejahtera, bahagia lahir dan batin.

Kampung Keluarga Juara merupakan program unggulan untuk mengoptimalisasikan pembangunan ketahanan keluarga di Jawa Barat. MOTEKAR harus mampu berkolaborasi dan bersinergi dalam program baru Kampung Keluarga Bahagia (Kalua) ini.

Kegiatan Rapat Koordinasi Program Motivator Ketahanan Keluarga pada hari Rabu – Kamis, 13 – 14 Februari 2019 di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor – Sumedang.
a. Narasumber dan Materi :
• Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat (Ir. Dody Erlando M. Econ) dengan tema Indeks Kebahagiaan Masyarakat Jawa Barat;
• Fasilitator Motekar (Dra. Ani Rukmini, M.I.Kom) dengan tema Konsep Kampung Keluarga Juara (KALUA);
• Fasilitator Motekar (Drs. Bambang Setiawan, MM) dengan tema Hakekat Keluarga Juara);
• Fasilitator Motekar (Dr. Chairiawaty) dengan tema Profil Kampung Keluarga Juara (KALUA);

b. Peserta yang hadir : 110 orang terdiri dari 54 perwakilan dari 27 Dinas yang terkait dengan Program Motivator Ketahanan Keluarga (MOTEKAR) dan. 56 Perwakilan dari Koordinator Motekar serta Trainer Motekar.

c. Rencana Tindak lanjut: Kesinambungan dan realisasi komitmen bersama dalam meningkatkan kinerja Motekar serta membantu terlaksananya Program Kampung keluarga Juara (KALUA).

Artikel Terkait

Verifikasi Monitoring dan Evaluasi PPPA Jabar 2016 Pemrov Jawa Barat menargetkan kualitas pembangunan perempuan dan perlindungan anak di Jawa Barat terus bisa ditingkatkan. Jika hal ini diterapkan di 27 Kabupaten/kota se-Jabar, maka kasus kekerasan baik yang menimpa perempuan...
2028, Jabar Targetkan Provinsi Layak Anak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mencanangkan Propinsi Layak Anak pada 2028. Target tersebut melebihi target nasional yang akan dicapai pada 2030 mendatang. "Jadi tentu kalau Indonesia layak anak pada 2030 maka Jaw...
BP3AKB Raih Juara III BKD Award Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Provinsi Jawa Barat meraih penghargaan Juara ke-3 Klaster III Manajemen Kepegawaian yang Bermutu, Akuntable, Inovatif dan Kreatif (BAIK) pada BKD ...
KPA dan KBKK di Citarum Bestari Untuk terus mendukung gerakan Citarum Bestari yang dicanangkan Pemprov Jabar, di hari terakhir kerja pada bulan Ramadhan ini (sebelum libur Idul Fitri), Jumat, 1 Juli 2016, Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan K...
Seminar Nasional: Pemiskinan Terhadap Pelaku TPPO Seminar Nasional dengan tema Pemiskinan Harta Kekayaan terhadap Pelaku Tindak Pidana Perdagangan Orang Melalui Penerapan Undang-undang No. 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana pencucian Uang

Leave a Reply

Your email address will not be published.