Waspada, Gadget Bisa Sebabkan Anak Terlambat Bicara

Mungkin benar adanya jika mainan tradisional lebih memberi pengaruh baik bagi perkembangan motorik anak.

Berdasarkan sebuah studi yang telah berlangsung selama 1,5 tahun terhadap 26 pasangan orangtua-anak menganjurkan bahwa mainan tradisional, seperti buku dan puzzle, lebih ampuh dalam menstimulasi kemampuan bicara anak pada usia 10 hingga 16 bulan. Dengan kata lain, dampak buruk gadget penyebab anak terlambat bicara.

Untuk membuktikannya, para peneliti tersebut meminta pasangan orangtua dan anak (bayi berusia 10 hingga 16 bulan) untuk bermain bersama selama 215 menit selama tiga hari dengan aktivitas yang berbeda-beda.

Para responden diminta untuk mengikuti tiga bagian permainan, masing-masing 30 menit. Bagian pertama, bermain dengan buku. Bagian kedua, bermain dengan puzzle. Bagian ketiga, bermain dengan alat-alat elektronik, seperti telepon seluler (ponsel) dan tablet.

Permainan elektronik dan ponsel yang disediakan memiliki tombol, bunyi, dan sinar warna-warni. Lalu, permainan puzzle terdiri dari puzzle kayu dengan ragam ukuran dan huruf-huruf. Kemudian, lima buku mengenai hewan, warna, serta bentuk bangunan.

Ternyata, permainan tradisional seperti buku dan puzzle memberikan respons paling positif terkait kemampuan berbicara anak. Pasalnya, dua permainan tersebut menciptakan komunikasi antara ayah, ibu, dan anak.

Komunikasi lebih mengarah pada komunikasi nama-nama hewan, pengenalan warna, dan bangunan. Studi menyimpulkan bahwa permainan tradisional memproduksi kosakata konsisten yang mampu diingat oleh anak-anak ketimbang gadget atau ponsel.

Sebaliknya, ponsel dan tablet membuat anak hanya terkesima pada permainan dan warna tanpa merangsang kemampuan anak untuk berbicara.

Seperti dikutip MedicineModern, peneliti juga menemukan bahwa saat sesi bermain ponsel dan tablet bersama orangtua dan anak tidak ada komunikasi signifikan sehingga tidak menstimulasi memori anak untuk mengingat kosakata.

Jadi, sudah sadar kalau gadget bisa menyebabkan anak terlambat bicara, kan?

Sumber: Lusina/KompasFemale/http://nova.id/Kesehatan/Anak/Waspada-Gadget-Bisa-Sebabkan-Anak-Terlambat-Bicara

Artikel Terkait

Perkuat Ketahanan Keluarga Lewat Foto Ada satu langkah unik yang digagas Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan, dalam menggalakkan program ketahanan keluarga, yaitu melalui foto. Bagaimana foto ...
Nova Eliza: Butuh Laki-laki untuk Hentikan Kekerasan pada Perempuan NOVA Eliza terus berjuang menghentikan kekerasan terhadap perempuan. Perempuan berdarah Aceh tersebut mengumpulkan 51 tokoh laki-laki yang dipilihnya sebagai sosok yang peduli untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan. ...
Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual pada Anak Pelecehan seksual pada anak adalah kenyataan yang menakutkan dan tidak menyenangkan di dalam dunia yang tidak menentu ini harus dihadapi. Apalagi,  pengaruhnya atas anak-anak bisa menghancurkan psiokososial, tumbuh dan berkem...
Anak Tak Lagi Mencandu Gadget Bila Bunda Ajarkan Ini Awas, Gadget Sebabkan Mata Kering pada Anak Gadget atau gawai memang sudah menjadi benda yang tidak dapat disingkirkan dari tangan si kecil. Terlebih, segala hal yang mereka sukai saat ini bisa diakses dengan mudah melalui...
Selamatkan Perempuan dan Anak, Kemen PP dan PA Terapkan Strategi 3Ends TRIBUNNEWS.COM – Sepanjang tahun 2016, sejumlah kasus pelecehan dan kekerasan kepada perempuan dan anak kian marak. Peningkatan ini tentu membuat masyarakat semakin resah dan berharap ketidakadilan serta kejahatan terhadap pe...

Leave a Reply

Your email address will not be published.