Untuk yang ketiga kalinya, Diskominfo Prov.Jabar selenggarakan "Kominfo Award" 2017, berlangsung di Trans Hotel, Jalan Gatoto Subroto Bandung, Rabu (13/9). Berbagai inovasi berbasis IT dan peran-peran kelompok informasi masyarakat diapresiasi Pemerintah melalui berbagai penghargaan.

Kominfo Award kali ini, memberikan penghargaan untuk berbagai kategori, antara lain, yaitu : website terbaik untuk perangkat  daerah provinsi dan kabupaten/kota, kelompok informasi masyarakat (KIM), relawan TIK, inovasi pembuatan aplikasi, penyelenggara LPSE kabupaten/kota, dan lomba aplikasi inovatif.

Berikut secara lengkap daftar pemenang untuk berbagai kategori Kominfo Award Tahun 2017, di mana penghargaannya telah disampaikan oleh Kadiskominfo, Asisten Pemerintahan dan Kesra, dan oleh Gubernur Ahmad Heryawan.
 

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Jabar, Koesmayadie (batik) serahkan tropy kepada Kepala DP3AKB Prov. Jabar, Dewi Sartika
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Jabar, Koesmayadie (batik) serahkan tropy kepada Kepala DP3AKB Prov. Jabar, Dewi Sartika

Lomba Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ;

  1. Juara 1, KIM Kabupaten Bekasi ;
  2. Juara 2, KIM Cipedes Kota Bandung;
  3. Juara 3, KIM Kabupaten Cianjur.

Lomba Kelompok Seni Pertunjukkan Rakyat (Petuntra) :

  • Juara 1, Petuntra Kab.Bogor ;
  • Juara 2, Petuntra Kab.Bandung,
  • Juara 3, Petuntra Kab.Cirebon.

Lomba Komunitas Relawan TIK :

  1. Juara 1, Bandung Barat ;
  2. Juara 2, Kota Bandung,
  3. juara 3, Kota Sukabumi.

Lomba Inovasi LPSE :

untuk kategori inovasi,

  1. juara 1, Kab.Bandung Barat;
  2. Juara 2, Kota Depok;
  3. juara 3, Kota Bogor.

Untuk kategori inspirasi inovasi IT diraih LPSE Kota Bandung. 

Lomba pembuatan logo jabar smart province diraih oleh Husnul Yaqin.

Lomba aplikasi inovatif :

kategori SMA/SMK, diraih oleh SMK ICB Cinta Teknika Bandung.

Untuk tingkat mahasiswa,

  • juara 1, Universita Majalengka;
  • juara 2, ITB Bandung;
  • juara 3, STT YBSI Tasikmalaya.

Untuk masyarakat umum :

  1. juara 1, Yayasan Ma’had Usyaqil Qur’an (Aplikasi Rub in);
  2. juara 2, UNIKOM (Aplikasi Sallution)
  3. dan juara 3, UNIKOM (Aplikasi Tanah Airku).

Lomba Aplikasi Inpres 10 Tahun 2016 tentang Pencegahan Pemberantasan Korupsi :

untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota :

  1. juara 1, Kota Bekasi;
  2. juara 2, Kab.Sumedang;
  3. juara 3, Kota Bandung.

Untuk kategori perangkat daerah Prov.Jabar :

  1. juara 1, RS Jiwa Provinsi Jawa Barat;
  2. juara 2, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang;
  3. juara 3, Dinas Komunikasi dan Informatika.

Kemudian, Lomba website :

untuk kategori Pemda Kab/Kota :

  1. juara 1, Kab.Tasikmalaya;
  2. juara 2, Kab.Bogor;
  3. juara 3, Kota Bandung.

Untuk kategori perangkat daerah Prov.Jabar :

  1. juara 1, Dinas Sosial;
  2. juara 2, Dinas Pemberdayaan Perempuan Anak dan Keluarga;
  3. juara 3, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

Untuk kategori lomba website perangkat daerah Prov.Jabar most improved, dimenangkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan.

Untuk kategori most engaged, dimenangkan Dinas Perkebunan. ,

Untuk kategori sectoral achievement, dimenangkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu.

Penyerahan penghargaan, tropy dan hadiah dilakukan oleh Kepala Diskominfo Prov.Jabar, Hening Widiatmoko, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Koesmayadie Tatang Padmadinata, dan untuk pemenang lomba website tingkat Kab/Ko oleh Gubernur Ahmad Heryawan.

Kominfo Award 2017 dihadiri oleh utusan perwakilan Pemerintah Kab/Ko se-Jabar, utusan pejabat/pimpinan perangkat daerah tingkat Provinsi Jawa Barat, unsur relawan TIK, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), para siswa SMA/SMK  pemenang lomba dan mahasiswa perguruan tinggi di Bandung yang memenangkan lomba.

Semarak Kominfo Award tahun ini disuguhi lantunan lagu lawas diantaranya lagu-lagu Nike Ardila, oleh penyanyi legendaris asal Bandung, Inka Christi. Lima buah lagu dilantunkan Inka Christi yang diiringi band Ega Robot Perkusi, dan mendapat aplus dari undangan yang memenuhi ruangan utama Hotel Trans Bandung.

 

dp3akb-jabar-raih-award-diskominfo-2107(1)

Teknologi Informasi dan Komunikasi Mutlak Tak Bisa Ditinggalkan

Era teknologi informasi (TI) saat ini menjadi keniscayaan yang tidak bisa ditinggalkan oleh semua lini termasuk pemerintahan. 

Menurut Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dengan TI pemerintah bisa melakukam percepatan dalam segala lini pembangunan, pada saat yang sama, masyarakat juga bisa melakukan kontrol.

"Dalam posisi seperti sekarang ini, meski banyak capaian yang kita raih dalam dunia IT tapi kita tentunya belum puas, harus banyak yang harus ditingkatkan," ujar Aher dalam sambutan pada acara Kominfo Award 2017, Dinas Kominfo Jabar di Aula Hotel Trans Bandung, Rabu (13/9).

Aher mencontohkan, dalam bidang tender secara online atau elektronik procurment, Jabar menjadi pelopor di Indonesia dalam penvgunaan dan pengembangannya.

"Dalam elektronik procurment, Jabar jadi pelopor di Indonesia karena jadi Provinsi yg konsisten menjalankannya sampai 4 tahun berturut-turut mendapat penghargaan dari pemerintah pusat," katanya. 

Capaian yang sangat baik itu menurut Aher jangan sampai tersusul oleh Provinsi lain. Oleh karena itu harus terus bergerak dan berinovasi.

Kominfo Award sendiri sudah digelar untuk ketiga kalinya, dan menjadi ajang kompetisi bidang pengembangan teknologi Informasi di Jawa Barat. (Pun)

Artikel Terkait

Halal Bihalal di DP3AKB Selamat datang kembali di kantor, selamat melakukan aktivitas kembali. Libur iedul Fitri selama kurang lebih 10 hari telah usai. Hari ini, Senin (3/7) merupakan hari dimulainya kembali aktivitas kerja bagi Aparatur Sipil ...
Peringatan HAN (Hari Anak Nasional) Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 Peringatan HAN (Hari Anak Nasional) Tingkat Provinsi Jawa Barat yg diperingati bersamaan dengan HARGANAS XXVI Tahun 2019 yang berlangsung 2 hari dari tanggal 28 - 29 Agustus 2019 di Lapangan Cangehgar Pelabuhan Ratu Kabupaten...
Aher Imbau Bangun Ketahanan Keluarga Jabar yang Tangguh Membangun ketahanan keluarga merupakan salah satu cara dalam mendorong tumbuh kembang anak yang baik. Hal itu diungkapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan ketika membuka acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke...
15 Kabupaten/Kota di Jabar Masuk Kategori Layak Anak Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise memberikan anugerah Kota Layak Anak 2017 kepada 126 Kabupaten/Kota se-Indonesia, 15 diantaranya merupakan kabupaten/kota yang berada di lingkup Pemerintah P...
Partisipasi PEKKA di NTB Expo 2016 Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26 yang akan berlangsung pada 27 Juli - 7 Agustus 2016 di Mataram diisi Pameran Peradaban Islam (PPI) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) Expo. Untuk NTB Expo ber...

One Comment

  • diani

    Selamat ya … mudah mudahan menjadi motivasi untuk terus berbagi hal penting berkenaan dengan perlindungan perempuan dan anak di Jawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.