JABAR CEKAS

 

JABAR CEKAS ( Jawa Barat Berani Cegah Tindakan Kekerasan ) adalah program pengentasan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Program ini telah mengkampanyekan sepuluh berani cegah tindakan kekerasan terhadap perempuan. Diantaranya berani berbicara, berani melapor, berani mencegah, dan berani berkata tidak. Dengan adanya program ini angka kekerasan terhadap anak dan perempuan di Jawa Barat dapat ditekan. program ini akan melibatkan semua pemangku kebijakan mulai dari dari tingkat provinsi hingga tingkat desa.

Program Jabar Cekas juga mengedukasi cara mencegah ancaman kekerasan dalam keadaan darurat dengan menggunakan simbol tertentu. Sehingga masyarakat dapat mengenali dan menggunakan simbol ancaman kekerasan terhadap perempuan dan anak tersebut sehingga turut berpartisipasi dalam melakukan pencegahan.

Pelaksanaan kegiatan Jabar Cekas menggaungkan kembali upaya pencegahan dan penanganan kekerasan kepada perempuan dan anak di wilayahnya yang berdampak :

    • Meningkatkan pemahaman di antara stakeholder terkait dalam mencegah Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Jawa Barat.
    • Meningkatkan sinergitas dan kerja sama dalam mencegah Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Jawa Barat.
    • Meningkatnya pemahaman masyarakat terkait pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak
    • Banyaknya laporan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak.